Kabar Pondok, YAP

Wapres RI Resmikan BLKK Pesantren Al-Amien Prenduan

Wakil Presiden Republik Indonesia, Prof. Dr. (H.C.) K. H. Ma’ruf Amin meresmikan 1.014 Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK), termasuk BLKK Al-Amien Prenduan dalam acara “Rembuk Nasional Vokasi dan Kewirausahaan” yang dilaksankan secara luring (online) dari Pondok Pesantren Cipasung, Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat dan daring (offline) diikuti oleh perwakilan pengelola BLKK se-Indonesia, Selasa (8/6/2021).

Dalam acara ini beliau mengingatkan kembali tentang semakin ketatnya persaingan dunia, termasuk persaingan di sektor ketenagakerjaan. Untuk bersaing, kecepatan, ketepatan, dan efisiensi harus dijadikan fondasi penting.

“Tantangan nyata yang dihadapi adalah langkah-langkah strategis apa yang harus kita lakukan dalam menyiapkan SDM yang mampu menghadapi tantangan di masa depan yang diisi oleh teknologi digital seperti big data, artificial intelligent, internet of things,” kata Wapres Ma’ruf Amin.

Di antara upaya penyiapan SDM tersebut, pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan telah membuat program BLK Komunitas sejak tahun 2017 untuk mendekatkan akses pelatihan vokasi kepada masyarakat, mencetak SDM unggul, dan memberikan bekal keterampilan dan kompetensi kerja.

Dalam acara ini, turut hadir pula Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah. Beliau mengungkapkan, pemerintah, melalui Kementerian Ketenagakerjaan terus bekerja keras memulihkan sektor ketenagakerjaan Indonesia. Upaya itu salah satunya dilakukan dengan mengembangkan kompetensi calon tenaga kerja dan perluasan kesempatan kerja.

“Dalam konteks inilah kehadiran Balai Latihan Kerja Komunitas menjadi sangat strategis. Sebagaimana kita ketahui, pembangunan BLK Komunitas merupakan salah satu program terobosan Pemerintah untuk memperluas akses pelatihan vokasi bagi masyarakat, khususnya di kalangan komunitas lembaga keagamaan, lembaga pendidikan agama, dan serikat pekerja,” ungkap Menaker di hadapan Wakil Presiden RI K. H Ma’ruf Amin, Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar, dan para tamu undangan serta para pengelola BLK K se Indonesia, yang hadir secara luring dan daring.

Dalam peresmian ini, pengurus BLKK Al-Amien Prenduan mengikuti kegiatan secara daring dari Gedung BLKK Al-Amien Prenduan dengan dipimpin secara langsung oleh Pimpinan BLKK Al-Amien Prenduan, Dr. KH. Holilur Rahman, MHI.

Berikut Struktur Kepengurusan BLKK Pesantren Al-Amien Prenduan

Kepala BLKK Dr. K.H. Holilur Rahman, M.H.I.

Ketua Pengelola Ust. Faisol Basri, S.Pd.I.
Wakil Ketua Pengelola Ust. H. Lukman Hakim, Lc.

Sekretaris Ust. Ibnu Hajar, S.Ag.
Bendahara Ust. Lutfiyanto, S.Ag.

Divisi Pelatihan dan Pengembangan Ust. Moh. Khuza’i, S.Fil.I.
Instruktur ust. Khoirul Anam Sahbilllah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *