Sekretariat

Dalam tugas kesehariannya, sekretariat memiliki 3 bagian: Tata Warkat, Information and Communication Center (ICC) dan Al-Amien Video Shooting (AVS)

Tata Warkat 

Bagian ini tugas sehari-harinya akrab dengan komputer, mengelola korespondensi dan kearsipan.

ICC (Information and Communication Center)

Information and Communication Center (ICC) adalah lembaga Pusat Informasi dan Komunikasi (PIK) di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, visinya menjadi lembaga informasi dan komunikasi yang handal dan berkompeten di Al-Amien Prenduan. Sedangkan misi utamanya adalah:

  • Membentuk jaringan informasi (LAN) di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
  • Menyediakan informasi bagi seluruh pihak  yang memerlukan

Ruang lingkup kerja operasional ICC adalah:

  • Menyediakan informasi ke dalam dan keluar Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
  • Mengembangkan sistem informasi dan Komunikasi di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan
  • Membangun dan mengembangkan SDM di bidang TIK yang handal

Dalam pelaksanaannya, ICC membawahi 3 divisi:

Div. Pelayanan Informasi. Divisi pelayanan informasi bergerak dalam pengelolaan website dan XL SDC. Hingga saat ini, website kita telah dimanfaatkan untuk menyebarkan informasi-informasi penting seputar Al-Amien Prenduan. Saat ini pula informasi penerimaan santri baru telah bisa diakses baik lewat SDC maupun website al-amien.

Div. Pengembangan ICT. Pengembangan ICT yang telah berjalan adalah pembangunan jaringan intranet untuk seluruh kantor di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Keberadaan jaringan ini diharapkan akan membantu dan mendukung kinerja ICC di masa mendatang, sebagai bentuk pelayanan informasi yang mudah dan cepat.

Pemeliharaan jaringan intranet di lingkungan Al-Amien Prenduan.

Pengembangan website Al-Amien Prenduan (www.al-amien.ac.id). Konten website diklasifikasikan secara lebih rinci, sehingga dapat memberikan informasi kepada semua pihak yang memerlukannya. Selain itu, website juga diarahkan untuk menjadi sarana komunikasi dari pihak luar dengan pondok secara langsung.

Div. Pengembangan SDM. Divisi ini bekerja pada tataran pengembangan SDM di bidang teknologi informasi. Termasuk di dalamnya adalah penyediaan bahan ajar bagi guru dan santri baik yang berkenaan dengan teknologi informasi maupun bahan ajar yang berbasis teknologi informasi.

AVS

Al-Amien Visual Studio mengelola dokumentasi baik berupa foto atau video. Walaupun dengan peralatan yang sederhana, cukup  kiranya untuk keperluan dokumentasi khususnya di lingkungan sendiri.

Struktur Sekretariat Yayasan Al-Amien Prenduan 

Ketua Sekretariat: H. Lukman Hakim, Lc; Wakil Ketua: Moh. Khuza’i, S.Fil.I; Tata Warkat: Krisdiantoro, S.Kom & Wintang Irawan; AVS/ICC: Moh. Khuza’i & Syafiq Arislan; PUSDARMEN: Sofyan Anandi.