Ujian Hifdhu Al-Qur’an

MTA – Sebanyak 625 santri Ma’had Tahfidh Al-Qur’an saat ini sedang melaksanakan ujian. Seperti lazimnya ujian-ujian sebelumnya, pafa rangkaian Ujian Tengah Semester (UTS) 2 kali ini, MTA mengawali dengan ujian hifdhul Qur’an yang akan berlangsung selama 5 hari.

Dibuka pada Jum’at malam (21/03), ujian hifdhul Qur’an ini telah berlangsung selama 2 hari dan menyisakan 3 hari waktu normal hingga Rabu besok (26/03). Menurut ketua panitia, Ust. Tegar MH, dari 625 santri, tak semuanya ikut serta dalam ujian Hifdhul Qur’an kali ini. Mereka adalah santri-santri kelas 3 SMP dan 3 SMA/MAK sedang disibukkan dengan Ujian Akhir Sekolah (UAS) sebelum akhirnya menghadapi Ujian Nasional (UNAS).

Meski demikian, panitia telah mengatur semua itu. “Kami  mengganti waktu ujian pada sore hari dengan kegiatan tasmi’. Namun karena esok harinya mereka (kelas 3 SMP/SMA/MAK) akan melaksankan UAS, maka waktu ujian pada pagi hari diganti dengan membaca Al-Qur’an dan belajar” jelas ketua panitia, Ust. Tegar MH. Beliau juga  menambahkan, bahwasanya ujian hidhul Qur’an untuk kelas 3 SMP dan kelas 3 SMA/MAK baru akan diselenggarakan pada awal bulan April nanti, yakni ketika santri-santri lain sedang melaksanakan ujian tulis mid semester 2.

Menurut laporan yang dirilis panitia, memasuki hari ke-2 ujian Hifdhul Qur’an , baru sekitar 11% santri yang menyelesaikan setoran atau ujiannya. Hal itu boleh dibilang wajar, mengingat adanya beberapa asatidz yang berhalangan untuk menguji. Olehnya, jumlah peserta ujian perkelompokpun semakin bertambah dar jumlah ujian sebelumnya.

Ujian Hifdhul Qur’an kali ini, selain menjadi sarana bagi santri MTA untuk mengukur kualitas hafalannya, juga bertujuan kinerja BMTK (Bagian Mudarrosah Tasmi’ dan Khotmul Qur’an) selama membina santri 3 bulan terakhir. “Kami bertekad untuk mengurangi angka ketidak lulusan santri dalam ujian hifdhul Qur’an. Beberapa slogan motivasi telah kami tempel jauh-jauh hari kemarin. Itu merupakan salah satu upaya kami untuk mewujudkan itu semua” papar Ust. Moh. Najib Sy, selaku ketua BMTK 2013-2014. (AZI)