Evaluasi Pengembangan Kurikulum IDIA Prenduan Tahun 2014

Rapat-Evaluasi-Pengembangan-KurikulumIDIA Prenduan – Keberadaan kurikulum sebagai instrumen penting pendidikan mengharuskan pemantauan dan pengendalian secara berkesinambungan agar kurikulum tersebut dapat senantiasa berjalan sesuai program yang telah ditetapkan. Pemantauan terhadap pelaksanaan kurikulum juga penting untuk mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang muncul pada saat kurikulum dilaksanakan, dan melalui pemantauan yang dilakukan secara terencana dan terus-menerus maka diharapkan kendala-kendala yang muncul dan menghambat pelaksanaan kurikulum akan segera diketahui dan dirumuskan alternatif pemecahan masalah yang mungkin dapat dilakukan secara lebih dini.

Tujuan dari pelaksanaan evaluasi kurikulum ini adalah untuk mengetahui efisiensi dan evektifitas dari pelaksanaan model pendidikan berdasarkan kurikulum yang telah dicanangkan sebelumnya.

Kiranya landasan pemikiran inilah yang melatarbelakangi pelaksanaan Rapat Evaluasi Pengembangan Kurikulum Oleh Jajaran Pimpinan IDIA pada Sabtu malam (05/04/2014) dibawah koordinasi Warek I Bid. Akademik, Drs. Hisyam el-Qodri, M.Si, dan dihadiri oleh Rektor IDIA Prenduan, Warek II Bid. Administrasi dan Keuangan,  jajaran Dekan, Jajaran Kaprodi, BAAK, BAU, Mudir Ma’had Lilbanin, Mudir Ma’had Lil Banat, serta perwakilan dari Lembaga Pusat Jaminan Mutu (LPJM) IDIA Prenduan.

Alhasil, alhamdulillah beberapa konsensus dan rekomendasi terkait pengembangan kurikulum yang meliputi kurikulum institusi dan kurikulum kepondokan ditelurkan. Namun yang terpenting adalah, adanya kesiapan dan semangat dari setiap petinggi fakultas dan prodi untuk senantiasa menggali informasi dari dunia luar pesantren dan mengkombinasikannya bersama sistem yang telah berlangsung sebelumnya dengan kaidah al-muhaafazhotu ‘ala al-qadiimi as-shaalih wal akhdzu bil jadidi al-ashlah, guna semakin meningkatkan kualitas pendidikan pada masing-masing bidang tanggung jawab. (Red.IDIA-2014)