Tadabbur Alam Mahasiswi di Desa Payudan Guluk-Guluk

Tadabbur-Alam-Putri-Di-Desa-PayudanIDIA Prenduan – Tadabbur Alam merupakan salah satu kegiatan wajib tahunan yang terdapat di IDIA Prenduan. Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Alhamdulillah BEMi IDIA Prenduan kembali sukses menyelenggarakan kegiatan Tadabbur Alam yang dalam kesempatan tahun ini bertempat di Pondok Pesantren Al-Anwar Desa Payudan Daleman Ganding Kecamatan Guluk-Guluk Sumenep pada hari kamis s/d Jum’at (13-14/03/2014).

Kegiatan Tadabbur Alam tahun ini melibatkan 93 orang, baik dari kalangan Pengurus BEMi Intensif maupun Reguler selaku panitia penyelenggara, juga para peserta dan pembina. Kegiatan Tadabbur Alam ini secara resmi diberangkatkan oleh salah seorang anggota Majelis Nyai, yaitu Nyai Hj. Nur Jalilah Dimyati, Lc  di kediaman Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan pada Kamis Siang (13/03/2014). Dalam sambutannya Beliau berpesan agar setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan Tadabbur Alam tahun ini benar-benar mentadabburi ciptaan Allah Swt. dan juga agar tidak menjadikan kegiatan ini sebagai ajang pencarian kebebasan, akan tetapi sebagai pembelajaran tentang bagaimana caranya hidup ditengah masyarakat yang tidak memadai dari sisi fasilitas kehidupannya.

Selama pelaksanaan kegiatan Tadabbur Alam, antusias para peserta Tadabbur Alam nampak saat dihadapkan dengan berbagai agenda yang telah direncanakan sebelumnya oleh panitia diantaranya Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Perlombaan-Perlombaan, Bakti Sosial (Baksos) dan Out Bond.

Dari setiap acara dalam kegiatan Tadabbur Alam tersebut, tentunya yang paling menarik yaitu Out Bond yang merupakan acara inti dari pelaksanaan Tadabbur Alam, dimana setiap peserta menjalani jelajah malam dengan rute yang telah ditentukan sebelumnya. Sepanjang rute tersebut disediakan pos-pos untuk memantau penjelajahan yang dilakukan oleh peserta. Selain itu, disamping menjelajah, pada setiap pos peserta diberikan materi-materi muhasabah terhadap ciptaan Allah Swt. guna semakin memupuk keimanan, keislaman, dan keihsanan kepada Allah Swt.

Menurut KH. Imam Mudzakkir selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar, sekalipun pelaksanaan Tadabbur Alam tahun ini bukanlah untuk yang pertama kalinya, namun besar harapan semoga dengan kehadiran mahasiwi IDIA Prenduan, Pondok Pesantren Al-Anwar tetap bisa mendapatkan berkah dan rahmat dari Allah Swt.

Acara puncak dari Kegiatan Tadabbur Alam diisi dengan penampilan-penampilan dari MAPENSA, NADIA, Tim Sholawat IDIA, Tim Sholawat Al-Anwar, Drama Al-Anwar, dan Hadroh oleh santriwati-santriwati cilik Al-Anwar, serta pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. Selain itu terdapat juga penyampaian ceramah oleh KH. Jakfar Shodiq, MM., dimana dalam penyampaiannya beliau berharap suatu saat akan ada semacam timbal balik antara Al-Amien dan Al-Anwar.

“Jika saat ini Al-Amien mengadakan Tadabbur Alam ke Desa payudan maka suatu saat Al-Anwar dapat mengadakan kunjungan Studi ke Al-Amien”, ungkap beliau di sela-sela ceramahnya.

Alhamdulillah, banyak respon dan kesan positif dari masyarakat tentang pelaksanaan Tadabbur Alam tahun ini. Salah satu warga menuturkan bahwa nampak keakraban yang luar biasa antara mahasiswi dan masyarakat selama pelaksanaan acara demi acara dalam kegiatan Tadabbu Alam di Desa Payudan tahun ini.(Red.IDIA-2014)