Studi Ekonomi (Tarbiyah Iqtishodiyah) Santri Kelas Akhir

pembekalan studi ekonomiTMI – Setelah menyelesaikan program ujian praktek mengajar (ATI), seluruh santri kelas akhir Pa-Pi langsung disibukkan dengan kegiatan studi ekonomi (tarbiyah iqtishodiyah).

Tujuannya adalah seluruh santri kelas akhir Pa-Pi memiliki jiwa entrepreneurship yang handal agar tidak bergantung kepada orang lain. Rasulullah menegaskan tentang pekerjaan yang paling baik yaitu ‘pekerjaan yang dilakukan dengan tangannya sendiri’.  Untuk itu, kegiatan studi ekonomi ini diadakan agar menjadi bekal mereka ketika sudah lulus nanti.

Acara dibuka secara resmi oleh Pengasuh Ma’had TMI KH. Moh. Zainullah Rois, Lc. untuk Putra bertempat di Aula TMI Pa, sedangkan yang membuka di Putri Mudir ‘Aam TMI K. Drs. Suyono Khattab di Geserna TMI Pi.

Sesuai dengan agenda kegiatan studi ekonomi (tarbiyah Iqtishodiyah) ini akan berlangsung selama 3 hari, yaitu mulai Rabu s/d Jum’at (19-21 Maret).

Pada hari Rabu (19/03), seluruh santri diberi pembekalan-pembekalan seperti; kuliah kewiraswastaan (Dinas Koperasi), mengenal peluang kerja dan kiat-kiat usaha (Dr. Mashuri Thoha),  mengembangkan ekonomi syari’ah dan implementasinya (Dr. Abdurrahman Tsani, M.E.I), dan dialog interaktif dengan para pengusaha sukses. Untuk hari Kamisnya (20/03), seluruh santri kelas akhir Pa-Pi secara terpisah akan mengunjungi tempat-tempat usaha/perusahaan sekitar Sumenep dan Pamekasan.

Adapun pembagian tempat kunjungan studi ekonomi kali ini, untuk Putra sekitar wilayah kab. Pamekasan, seperti: CV. Banyu Urip-Kota, UD. Paving Surabaya-Kota, Aeng Mas Batik-Klampar Pmk, Pecel Madiun-Kota, Radio Karimata FM-Kota, UD. Sulthan-kota, CV. Tirta Mulia/Es Balok-kota, UD. Fantasi-Jungcangcang, Suara Pemekasan FM-kota, UD. Kaya Industri-Sentol Pmk, UD. U.I/Tegel dll-Nyalaran, Percetakan ITOCK-Kowel Pmk, UD. Sinar Barokah/Tahu-Kaduara, Madura FM-kota, UD. TIKA/Pabrik Krupuk-Proppo, Seni Kaca & Batu-Proppo, UD. Adi Rasa-Talang Siring, Pondok Seni Mayapadha-kota, Konveksi Ramadhani-kota dan UD. Sari Rejeki/Tahu-Teja Timur Pmk.

Sedangkan untuk Putri sekitar wilayah kab. Sumenep, seperti: Pabrik Rengginang-Prenduan, Batik Tulis Kharisma-Pekandangan, Pentol Cinta-Gapura Barat, Pabrik Tahu-Jambu Lenteng, Rengginang Tiga Merpati-Prenduan, Batik Melati-Pekandangan, Kripik Singkong Muris-Saronggi, Madura Channel-Kota, Batik Barokah-Pekandangan, Olahan Bumbu Dapur-kota, Pabrik Krupuk Paru-kota, Kripik UD Windu Agung-Saronggi, dan Konveksi John-Karang Panasan.

Kegiatan studi ekonomi (tarbiyah iqtishodiyah) ini diikuti oleh 181 orang santri Putra dan 133 orang santri Putri.

Pesan kyai Zainullah dalam sambutan pembukaan acara, “bersabar adalah kunci sukses dalam berbisnis, pintar-pintarlah membaca peluang untuk menghasilkan uang dan jangan carilah kerja tetapi carilah hasil kerja agar berhasil.” (red)