Studium General Bersama Prof. Dr. H. Zainuddin Maliki, M.Si

stadium general idia prenduan

IDIA Prenduan – Sabtu malam (19/10/2013), sebagai kelanjutan dari rangkaian kegiatan penerimaan mahasiswa baru, bagian akademik IDIA Prenduan mengadakan “Studium General” dengan tema “Profil Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren” bersama Prof. Dr. H. Zainuddin Maliki, M.Si yang bertempat di Auditoirum TMI Putra Al-Amien Prenduan, beliau merupakan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya untuk periode 2003-2008 dan 2008-2011 dan saat ini menjabat sebagai Rektor Pasca Sarjana di Universitas yang sama. Kegiatan yang dimoderatori oleh Ust. Asmu’i, MA dengan notulisnya Ust. Achmad Qusyairi, S.Ud ini merupakan agenda rutin setiap tahun setelah proses penyaringan dan penerimaan mahasiswa baru.

Acara diawali dengan sambutan dari Bapak Rektor IDIA Prenduan yang dalam kesempatan tersebut berhalangan hadir dan diwakili oleh Dekan Fakultas Dakwah sekaligus Mudir Ma’had Lil Banat Mahasiswi Intensif, KH. Moh. Fikri Husain, MA sekaligus membuka kegiatan ini dengan resmi.

Dalam penyampaiannya, beliau mengatakan setip suka duka perjalan hidup dan pendidikannya, mengantarkan beliau dapat memahami arti peradaban kapitalisme. Beliau selanjutnya mengatakan seluruh belahan dunia saat ini sedang dikuasai oleh standarisasi cara berfikir dan gaya hidup Barat yang sarat dengan produk-produk amoral dimana keadaan ini mau tidak mau harus disikapi dengan serius oleh semua pihak, terutama dunia pendidikan berbasis pesantren. Beliau kemudian menyimpulkan, dari segi prospek dunia pendidikan Pondok Pesantren seharusnya dapat berperan sebagai batu loncatan kemajuan peradaban Islam, tentu saja dalam hal ini kembali kepada bagaimana dunia pendidikan pondok pesantren mampu menempatkan kaidah al-muhaafadzatu ‘ala al-qaadimis shaalih wal akhdzu bil jadidil ashlah(red.697)