Resmikan PLTS, Gubernur Khofifah Berharap Al-Amien Prenduan Jadi Pesantren Referensi Renewable Energy

al-amien.ac.idAl-Amien Prenduan – Rabu siang (23/08), Gubernur Jawa Timur, Ny. Hj. Dra. Khofifah Indar Parawansa, M.Si., menyambangi Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Sumenep. Tidak hanya sekedar silaturahim, rawuhnya beliau adalah dalam rangka meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap berkapasitas 10.000 watt.

Bertempat di GESERNA Al-Amien Prenduan, acara berlangsung Khidmah dan lancar, di hadapan ribuan santri dan undangan, Gubernur Khofifah menegaskan komitmen beliau terhadap energi yang terbarukan, sebagai peralihan dari energi yang berbasis fosil, “Pembangunan PLTS di gedung-gedung pemerintah, sekolah, pondok pesantren dan instansi swasta merupakan wujud dari penerapan kebijakan pemanfaatan energi yang terbarukan (EBT) menuju target ‘Net Zero Emission 2060”.

PLTS yang merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini, dipasang di atap Rusunawa Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan cukup untuk kebutuhan Rusunawa dan Musholla, dan tentu saja akan membantu meringankan beban biaya listrik bulanan Rusunawa tersebut. Sebagaimana ditegaskan oleh beliau, “Kami akan massifkan program ini dalam rangka menggencarkan EBT. PLTS dengan kapasitas 10.000 watt ini mampu memenuhi seluruh kebutuhan listrik di rusunawa dan mushala di dekatnya”.

“Ketika dunia cerita, renewable energy, maka seluruh santri Al-Amien di seluruh dunia menyampaikan, Al-Amien sudah memulai renewable energy”. Dawuh Bu khofifah saat menyampaikan sambutan di PP. Al-Amien Prenduan.

Beliau juga beberapa kali menegaskan dan berharap, Al-Amien Prenduan, mampu menjadi replikator pemanfaat EBT bagi masyarakat luas, menjadi referensi bagi pondok sekitar, pondok alumni guna mendukung Green Economy. “(PLTS 10.000 watt ini) Kecil sekali kiai Fauzi… Tapi kami berharap bahwa, ini akan menjadi referensi, bahwa ketika masyarakat dunia bercerita renewable energy, maka seluruh santri Al-Amien diseluruh dunia menyampaikan, Al-Amien sudah memulai renewable energy”.

Sementara itu, Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, menyambut penuh hangat silaturahmi dan bantuan ini. Beliau juga berharap peran pemerintah terus berlanjut di masa-masa yang akan datang.

Rangkaian acara peresmian ini menapaki puncak acara dengan peresmian Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) atap yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Khofifah Indar Parawansa, didampingi Kepala Dinas ESDM Jawa Timur, Dr. Nurcholis, M.Si., Pimpinan & Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA., wakil Bupati Sumenep Ny. Hj. Dewi Khalifah, MH.

1 komentar untuk “Resmikan PLTS, Gubernur Khofifah Berharap Al-Amien Prenduan Jadi Pesantren Referensi Renewable Energy”

  1. A journey of one thousand mile begins with one step. 10.000 Watt memang kecil, tapi jangan lupa, berikutnya 10.000 MegaWatt.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top