Parade Konsulat 2013: Duta Pondok & Adu Menjadi Konsulat Terbaik

pelepasan parade konsulat 2013YAP –  Salah satu dari rentetan acara Apel Tahunan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Sumenep adalah Parade Konsulat. Parade konsulat merupakan kegiatan adu kekompakkan dan kreatifitas antar daerah asal para santri yang berasal dari seluruh pelosok Indonesia dalam lomba baris-berbaris, gerak jalan dan menyanyikan lagu yel-yel. Akan ada penilaian dan pemberian hadiah kepada Konsulat terbaik. Untuk menjadi konsulat yang terbaik harus memiliki kriteria Islami, Tarbawi dan Ma’hadi.

Saat ini ada 25 konsulat yang terbagi di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, meliputi; Konsulat Prenduan, Pragaan, Sumenep I-IV, Pamekasan I-III, Sampang I-III, Bangkalan I-III, Surabaya I-II, Malang Dsk, Kares Besuki, Jateng & DI Yogyakarta, Jawa Barat I-II, Sumatera, Kalimantan dan INDO Timur.

Pelepasan pasukan Parade Konsulat dilaksanakan pada pukul 06.20 WIB Ahad (10/11) oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA di depan gedung PUSPAGATRA untuk santri Putra dan untuk santri putri oleh Nyai Dra. Anisah Fatimah Zarkasyi di Lapangan Depan gedung RASDA FM, desa Pragaan Laok.

Dalam sambutannya, Pimpinan & Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA menjelaskan bahwasannya kalian adalah duta-duta pondok. Oleh karena itu kalian harus selalu mencerminkan sikap sebagai seorang santri yaitu dengan berakhlaqul karimah. Jangan ada yang menggunakan bahasa daerah. Jangan sampai mengganggu ketertiban lalu lintas. Dan yang paling penting niatkan kegiatan ini sebagai ibadah kepada Allah SWT. Wamaa kholaqtul Jinna wal Insa Illa Li Ya’buduun.  Selamat jalan, mudah-mudahan Allah melindungi kita semua. Aamiin… pasukan parade kosnulat 2013

Kemudian do’a yang dipimpin oleh Wakil Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA. Adapun Pasukan parade konsulat ini dimulai dengan pasukan PASKIBRAKA, Bhinneka Tunggal Ika, Drumband Nusantara Al-Amien, Konsulat-konsulat, beberapa unit usaha pondok dan kelompok seni musik DA Ul Laskar Jokotole & Madura Island. Rute yang ditempuh pasukan parade konsulat adalah sekitar 2 KM bolak-balik Komplek Al-Amien II – Kantor Polsek Prenduan – Komplek Al-Amien II.

Komentar masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, kegiatan Parade Konsulat ini sekaligus menjadi tontonan hiburan gratis yang selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Semoga kegiatan Parade Konsulat ini kedepannya terus menerus dilaksanakan. (Ishlah)