Apel Tahunan 2013: Membumikan Slogan “ We Are One” Di Bumi Al-Amien

Pembukaan apel tahunan 2013YAP –  Kurang lebih selama semingguan suasana pondok semarak dengan aktifitas santri/wati berlatih baris-berbaris setiap pagi dan sore hari. Begitupun dengan tetangga sebelah, tidak kalah ramai berlatih dengan gigih untuk bisa menampilkan penampilan yang prima dan menghibur pas di acara Apel Tahunan 2013 nanti. Mulai dari Drumband Gema Nusantara Al-Amien, Seni Musik Tradisional Madura Da Ul, Teater Roda IDIA, Teater Hilal TMI dan Kelompok Persilatan Islaba, Cimande dan Karatedo.

Pada hari Sabtu (09/11) tepat pukul 07.00 WIB Apel Tahunan 2013 resmi dibuka oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA. Diikuti oleh seluruh anggota Majelis Kiai, Majelis Nyai, Mudirin, Asatidzah, Abituren, Alumni, simpatisan, wali santri, karyawan pondok, tamu undangan, masyarakat sekitar dan 7000-an santri/wati Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Mereka semuanya berkumpul dan melebur menjadi satu di komplek Al-Amien II, persisnya di halaman depan Gedung Rasda FM, Desa Pragaan Laok.

Dalam sambutannya, Pimpinan & Pengasuh Pondok menjelaskan tentang tujuan dari dilaksanakannya Apel Tahunan ini.  Yaitu untuk lebih meyakinkan kepada kita semua, bahwasannya pondok ini besar dan terus berkembang baik fisik ataupun non fisik. Sesuai data terakhir jumlah keseluruhan santri/wati Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sekitar 7000-an, mulai dari PAUD, TK, MI, MTs/SMP, SMA/MA/SMK, TMI dan IDIA. Ini menandakan kepercayaan masyarakat kepada Al-Amien Prenduan masih sangat tinggi.

Untuk itu kita harus bersyukur kepada Allah SWT. atas semua karunia dan nikmat yang telah diberikan kepada kita semua. Adapun bukti dari rasa syukur tersebut diantaranya dengan:pemeriksaan barisan peserta apel tahunan 2013

  1. Tidak melupakan jasa-jasa para pendahulu kita semua mulai dari Kiai Chotib, Kiai Jauhari, Kiai Tidjani, Kiai Idris, Kiai Musyhab, Kiai Jamal, dan Kiai Abbasy. Mari kita do’akan mereka semuanya dengan bersama-sama membaca surat Al-Fatihah.
  2. Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan memiliki 4 (empat) Ma’ahid; Al-Amien I (Ponteg & Putri I) di Desa Prenduan, Al-Amien II (TMI & MTA) di Desa Pragaan Laok, Al-Amien III (Ma’had Salafy Al-Hikmah) di Desa Kapedi dan Al-Amien IV (IDIA Prenduan) di Desa Pragaan Laok. Semua lembaga di Al-Amien harus saling bersatu padu “We Are One”. Sebagaimana pepatah Arab “al-Ittihadu Asaasu an-Najah” Persatuan adalah pangkal keberhasilan.
  3. Masing-masing dari diri kita semua harus berbuat semaksimal mungkin untuk mengharumkan nama pondok dengan prestasi-prestasi dan lain-lain.

Adapun rentetan acara pada Apel Tahunan ini dimulai dengan pembukaan, pengumandangan Hymne Oh Pondokku dan Hymne Al-Amien Prenduan, sambutan, laporan, pencecekan peserta Apel Tahunan oleh majelis Kiai, Bhinneka Tunggal Ika, pengumuman prestasi-prestasi santri tahun 2013, penampilan-penampilan kelompok minat santri dan diakhiri dengan do’a penutup oleh Wakil Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA.

Semoga dengan adanya acara Apel Tahunan ini dapat membumikan slogan “We Are One” di bumi Al-Amien dengan kokoh dan kuat. Sehingga cita-cita dan misi besar Al-Amien “Izzil Islam Wal Muslim” dapat terwujudkan. Jayalah selalu Al-Amien! (Ishlah)