MTA Gelar Ujian Praktek Mengajar

MTA gelar ujian praktek mengajarMTA – Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Al-Amien (MTA) mengadakan program Ujian Praktek Mengajar atau Amaliyah Tadries Al-Ikhtibariyah (ATI), untuk santri-santriwati kelas akhir MTA baik itu SMA atau MAK, tahun ini putra diikuti oleh 63 orang, dan putri diikuti oleh 70 orang.

Pagi ini (20/4) peserta putra dibekali dengan bagaimana menulis Rencana Pelaksaaan Pembelajaran (RPP) dan dilanjutkan dengan praktek mengajar dengan menunjuk dari masing-masing kelas IPA, IPS dan MAK, dibimbing oleh H.A. Tijani Syadzili, Lc, guru tarbiyah di MTA, lulusan Umm Al-Quro University Mekkah.

 “Kegiatan ini bertujuan memberi gambaran tentang bagaimana mengajar: sejak persiapan, pelaksanaan hingga evaluasi” demikian kata Ustadz Fauzi Fathurrazi selaku Organizing Commitee (OC) di Putra. Dan OC putri: Ny. Ria Zaitullah, S.H.I

Para santri MTA yang walaupun kurikulumnya berinduk ke kemendiknas, mereka juga dibekali dengan materi keguruan sejak mereka duduk di kelas X-XII. “Di kelas X anak-anak belajar dasar-dasar pendidikan (tarbiyah), di kelas XI anak-anak belajar dasar-dasar pembelajaran (ta’lim), dan di kelas akhir mereka belajar bagaimana mengenal khutuwat tadries atau didaktik-metodik” demikian kata Ustadz Tijani.

Agenda ATI ini, di putri dibuka oleh KH. Moh. Zainullah Ro’is, Lc dan di putra dibuka oleh KH. Moh. Khairi Husni, S.Pd.I sebagai Pengasuh MTA. “mengajar adalah proses belajar yang sangat efektif, dan program ini agar dijadikan momentum yang selalu berusaha mendorong kalian untuk berproses menjadi guru yang baik’ demikian harapan pengasuh saat membuka acara ini.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pembekalan selama dua hari dengan materi: Asalibu ta’limi Al-Qur’an, Khutuwat Tadries, Penulisan RPP, Naqdud Tadries. Kemudian 3 hari penulisan RPP dan pelaksaaan ujiannya: putra pada 26-30 April 2014, dan putri pada 28-01 Mei 2014.

Selamat melaksanakan ujian, semoga anak-anak tahfidh mampu menghafal al-qur’an dan bisa mengajar dengan baik. (abu azhar)