MA Al-Amien 1 meraih Penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019

MA Al-Amien 1 Pragaan berhasil meraih Penghargaan Adiwiyata Nasional tahun 2019. Penghargaan itu pun diserahkan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya Bakar, kepada kepala MA Al-Amien 1 Pragaan, KH Syaifudi Kudsi SHI MA.

Menurut KH. Saifuddin Qudsi, MA. Al-Amien 1 Pragaan adalah satu-satunya MA swasta yang mendapatkan Penghargaan Adiwiyata Nasional pada tahun ini.

Sebenarnya bagi MA Al-Amien 1, tambah Ustadz Kudsi, program Sekolah Adiwiyata tidak bisa dipisahkan dari brandmark yang sedang dibangun pada saat ini yaitu sebagai Madrasah Wisata. Artinya yaitu madrasah sebagai destinasi wisata yang difokuskan pada pelayanan edukasi lingkungan.

Karena itu di MA Al-Amien 1 disediakan banyak sarana edukasi lingkungan, dari School Mini ZooSchool Mini Farm, Bank Sampah dan Laboratorium Pengolahan Sampah, Green House dan Bank Bibit Tanaman, Taman Sains (Science Park), Kantin Sehat dan Kantin Sadar Lingkungan, Taman Gantung (Vertical Garden), Taman Bunga, Taman Al-Qur’an, sampai semua sarana Outbound Training Center.

Adapun yang dimaksud dengan Madrasah sebagai destinasi wisata edukasi lingkungan adalah menjadikan madrasah sebagai tujuan wisata para pelajar dan masyarakat yang ingin mendapatkan wawasan lingkungan.

Tentu dengan berbagai cara seperti aktifitas melihat, menyaksikan, mempelajari flora dan fauna, dan segala kegiatan pemeliharaan, pengelolaan dan pelestarian lingkungan yang semua obyeknya ada di lokasi madrasah dan semua insan madrasah terlibat aktif di dalamnya.

Di samping itu, madrasah wisata ini menjadi tempat studi banding sekolah-sekolah atau madrasah-madrasah yang mampu mengintegrasikan kurijulum madrasah dengan lingkungan serta menghadirkan fasilitas atau sarana dan informasi serta penelitian-penelitian yang mendorong kepedulian terhadap kelestarian lingkungan yang merupakan tujuan dari wisata edukasi lingkungan.

Branding Madrasah Wisata (Madrasah Wisata Edukasi Lingkungan) telah mengantarkan MA Al-Amien 1 meraih Juara 2 dalam Lomba Inovasi Pengelolaan Madrasah Tingkat Jawa Timur dalam Kategori Madrasah Hijau 2019 yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Jawa Timur.

“Inovasi ini juga mengantarkan Kepala Madrasah mendapatkan Juara 2 dalam Lomba Kepala Madrasah Berprestasi Tingkat Jawa Timur 2019,” tambah KH Kudsi.