IDIA Adakan Program Praktek Pemberdayaan Masyarakat (P2M)

pembekalan p2m 2015IDIA Prenduan Setelah melakukan seminar proposal penelitian (skirpsi) seluruh mahasiswa semester VIII Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien (IDIA) Prenduan mengikuti kegiatan pembekalan program Praktek Pemberdayaan Masyarakat (P2M) pada Senin (05/01) di Lantai III Gedung Rektorat.

Acara pembekalan P2M dibuka langsung oleh Warek II Bagian Keuangan IDIA Prenduan KH. Achmad Fauzi Rasul, Lc. Dalam sambutannya, beliau berpesan kepada seluruh peserta P2M agar selalu mengamalkan ilmu yang sudah diperoleh dari IDIA dan agar selalu berhati-hati dalam melangkah.

“ada 2 unsur komponen yang mendasari pelaksanaan kegiatan P2M ini: pertama, semua ilmu yang diajarkan disini (IDIA) merupakan ilmu aplikatif, maka aplikasikanlah ilmu yang kalian dapat. Namun ingat kalian harus berhati-hati dalam melangkah terutama dalam hal kedisiplinan, baik kedisiplinan beribadah dll. Masyarakat akan menyoroti kalian dan akan menilai kalian, karena kalian semua adalah cermin masyarakat. Kedua, program P2M ini bersifat kolektif dan koordinatif. Oleh karenanya, apapun agenda yang akan dilaksanakan silahkan koordinasikan dengan pihak-pihak terkait.” Tegasnya.

Sesuai dengan laporan Penanggung Jawab kegiatan ini Drs. H. Amrullah Umar, bahwa kegiatan P2M ini akan dilaksanakan di 14 Desa yang tersebar di Kecamatan Pragaan, Sumenep Madura, dengan peserta sebanyak 182 Mahasiswa, dengAn  rincian dari 90 putra dan 96 putri.

Untuk selanjutnya acara diisi dengan sesi II: dengan tema Sekilas Tentang Sosial Politik yang disampaikan oleh Bapak Camat Pragaan, sesi III: Pembinaan Kehidupan Sosial Politik, oleh Kepala KESBANGPOL LINMAS Sumenep, sesi IV: Renstra Pembangunan Kab. Sumenep, oleh BAPPEDA Kabupaten Sumenep, Sesi V: Strategi Pengembangan Masyarakat Desa dengan Nilai-nilai Pesantren, oleh KH. Moh. Fikri Husein, MA, sesi VII: Konsolidasi Peserta P2M bersama Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), dan terakhir (Sesi VII): juknis pengisian Format kolom Kegiatan Program Kerja P2M dilanjutkan dengan penutupan.

Semua kegiatan diatas diperuntukkan sebagai bekal peserta Praktek Pemberdayaan Masyarakat (P2M) 2015 IDIA Prenduan yang nanti pada hari Selasa (06/01) akan berangkat ke lokasi-lokasi P2M. Red_IDIA’15