Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri

Diklat KKS

TMI – Jum’at (30/08/13), tampak beberapa santri yang berpakaian putih dengan setelan hitam berlari-lari kecil menuju gedung Auditorium TMI Putra. Santriwati pun demikian, tidak kalah semangat dari santri putra. Mereka harus tepat waktu sampai ke tujuan masing-masing. Mereka tidak sedang olahraga, ataupun sedang dikejar seseorang melainkan akan menghadiri acara Pendidikan Kilat Kepemimpinan Kelompok Santri (KKS).

Ya.. Acara Diklat KKS kembali diadakan di TMI Al-Amien Prenduan, acara yang rutin diadakan setiap dua kali setahun (dua semester). Kali ini, Diklat KKS diikuti oleh beberapa peserta yang terdiri dari beberapa kelompok santri/wati antara lain; kelompok wajib, kelompok minat, kelompok belajar, dapur, olahraga, kesenian dll. Peserta dari santri putra sebanyak 487 orang dan santri putri sebanyak 474 orang.

Diklat KKS dilaksanakan terpisah putra-putri. Diklat di TMI Putra dibuka oleh Direktur TMI Al-Amien Prenduan, K. Drs. Suyono Khatthab di Auditorium TMI Putra. Disaat yang sama Wakil Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan, KH. Ghozi Mubarok Idris, MA. membuka acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (DKKS) di Geserna TMI Putri.

Dalam acara yang berlangsung selama satu hari ini, ketua-ketua kelompok santri bersama wakilnya diharapkan mendapatkan pendidikan khusus tentang pentingnya pengetahuan di bidang kepemimpinan agar mereka bisa menjadi ketua ataupun pemimpin yang andal dan bisa memimpin anggota-anggotanya sebagaimana mestinya. Terlebih dari itu, pendidikan ini juga diharapkan menjadi bekal dasar para santri agar nantinya mereka siap terjun di tengah-tengah masyarakat kelak. Sebagimana salah satu prinsip pendidikan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan “Siap memimpin dan siap dipimpin”. (Sulhan)