Pesantren Ramadhan Siswa-siswi SMAN 1 Pamekasan

YAP – Hanya berselang 1 hari, Al-Amien kembali kedatangan tamu untuk nyantri di pondok dalam kegiatan Pesantren Ramadhan. Kali ini giliran SMA 1 Pamekasan, yang berjumlah 255orang, terdiri dari 110 siswa dan 145 siswi. Mereka akan mukim di Al-Amien selama 4 hari, 25-28 Juli 2003 M.

“Mohon supaya siswa-siswi kami ini diterima sebagai santri Al-Amien. Walau mukim hanya 4 hari, semoga ilmu yang akan diperoleh cukup banyak, sama dengan mondok selama 4 tahun,” ungkap Ustadz Quddus, Lc yang memberikan kata sambutan mewakili Kepala Sekolah SMA 1 saat pembukaan (25/07/2013).

Ustadz Hasbullah Bisri selaku penanggung jawab kegiatan Pondok Ramadhan di Al-Amien ini menyampaikan bahwa materi yang akan dikaji siswa-siswi ini meliputi kajian Tafsir, Hadits, Aqidah, Fikh, Tahsin Qiro’ah (cara baca Al-Qur’an yang benar), Tajdid Sholah (cara melaksanakan sholat yang benar) dan Adab Sopan Santun (cara bersikap yang baik dan sopan saat bertutur kata atau berhadapan dengan orang lain).

KH. Moh. Khairi Husni, salah seorang anggota Majelis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, juga sebagai Pengasuh Ma’had Tahfidh Al-Qur’an Al-Amien yang membuka secara resmi acara ini berpesan agar para siswa-siswi SMA ini bisa mengikuti seluruh kegiatan dengan sebaik-baiknya. “Mudah-mudahan nantinya ilmu yang diperoleh benar-benar akan bisa mengubah sikap kalian dalam kehidupan yang akan datang,” harap beliau.

Pelaksanaan Pondok Ramadhan SMA 1 Pamekasan ini bertepatan dengan pelaksanaan Malam Peringatan Nuzulul Qur’an di Masjid Jami’ Pondok Pesantren Al-Amien yang dikoordinir pelaksanaannya oleh Biro Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Yayasan Al-Amien Prenduan, Kamis (25/07/2013).

Hadir sebagai penceramah, Dr. Taufikurrahman, M.Ag, alumni TMI Al-Amien Prenduan asal Sumenep. Dalam pesannya beliau mengajak para hadirin agar Al-Qur’an benar-benar meresap pada jiwa, dari ujung rambut hingga telapak kaki. (Abu Azhar)