Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri

DKKSTMI – Siap memimpin dan siap dipimpin. Begitulah salah satu prinsip pendidikan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Prinsip inilah yang mendorong Majelis Pertimbangan Organtri (MPO) TMI Al-Amien Prenduan kembali mengadakan Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (DKKS), Jum’at (01/03/13).

Kegiatan ini dilaksanakan terpisah putra-putri. Diklat di TMI Putra dibuka oleh Direktur TMI Al-Amien Prenduan, KH. Drs. Suyono Khattab di Aula TMI putra. Di saat yang sama, Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Zainullah Rois, Lc. membuka acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri (DKKS) untuk santri Putri di Musholla Asma’ Lathifah.

Mudir ‘Aam TMI, KH. Drs. Suyono Khattab dalam sambutannya di TMI putra, mengatakan bahwa sikap kepemimpinan perlu ditanamkan sejak dini, melalui kelompok-kelompok kecil yang ada. Sehingga, ketika dewasa nanti para santri lebih siap dalam menjalankan tugas-tugas kepemimpinan di masyarakat. “Semoga acara Diklat Kepemimpinan Kelompok Santri ini menjadi modal awal kita untuk mencetak kader-kader pemimpin Ummat di masa depan,” harap Kiai Suyono.

Diklat tahunan ini diikuti oleh ketua dan wakil ketua kelompok-kelompok santri di TMI, baik kelompok wajib (kelas, konsulat, dsb) maupun kelompok minat (pramuka, olah raga, dsb). Pada tahun ini, diklat diikuti oleh 512 santri dan 442 santriwati, dikemas ke dalam 4 sesi yang diisi oleh para Mudir.  (umi.k)