Dauroh ‘Arabiyah dan Usbu’ul Lughah

YAP – Menjelang pelaksanaan Usbu’ul Lughah (04-11/03/2013), Markazul Lughah mulai melakukan beberapa persiapan, salah satunya adalah dengan mengadakan Dauroh ‘Arabiyah untuk santri kelas V. Peserta Dauroh ‘Arabiyah ini nantinya akan menjadi muharrik (penggerak) bahasa sebagai agen Markazul Lughah dalam mengajak seluruh santri untuk lebih semangat belajar bahasa Arab. Kegiatan ini dilaksanakan terpisah, putra di Aula TMI Putra dan putri di Geserna, Rabu-Ahad, 27/02-03/03/2013.  

Acara dibuka secara resmi oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Maktum Jauhari, MA, di Geserna TMI Putri. Dalam sambutannya, beliau berharap agar para peserta dauroh, sebagai santri senior, dapat membimbing dan menjadi contoh yang baik bagi adik-adik kelasnya. Juga membantu Markazul Lughah dalam menegakkan disiplin bahasa di tengah-tengah santri. “Semoga acara ini mampu mencetak para penggerak bahasa di tengah-tengah santri, hingga nantinya disiplin bahasa tetap terjaga,” tutur Kiai Maktum dalam sambutannya.

Usbu’ul Lughah dimulai sehari setelah dauroh dilaksanakan. Selama seminggu penuh, para santri melaksanakan kegiatan-kegiatan kebahasaan, di antaranya lomba drama, pidato, bercerita, menonton film-film arab, dsb. (fajri)