Bimbingan Kearsipan Menuju Terciptanya: RECORD CENTER AL-AMIEN

YAP – Bimbingan Kearsipan yang dilaksanakan (23/11) adalah salah satu kegiatan yang dikoordinir Yayasan Al-Amien Prenduan (YAP) dimaksudkan agar arsip Pondok bisa tertata rapi sehingga dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan lembaga atau pimpinan demi maksimalisasi kualitas kelancaran perjalanan roda kepengurusan.

Acara ini diikuti oleh para sekretaris lembaga khusus putri sebanyak 20 orang, terdiri dari: 8 orang dari lembaga TMI (Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah), 5 orang dari MTA (Ma’had Tahfidzil Al-Qur’an) dan 7 orang dari IDIA (Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien) Prenduan.

Instruktur kegiatan ini: H.A. Tijani Syadzili, Lc yang telah mendapat siraman ilmu dan pengalaman para staf ahli Badan Perpustakaan dan Kearsipan wilayah Surabaya lewat acara workshop penataan arsip Pondok Pesantren yang diikuti, diadakan di Tretes Jawa Timur pada 29-30 Nopember 2013 lalu, telah banyak memberikan motivasi dan bimbingan kepada para peserta.

“kunci utama pengelolaan arsip itu adalah ada ke-MAU-an untuk melaksanakan tugas, lalu ada ILMU-nya” demikian paparan H.A. Tijani Syadzili, Lc yang juga sebagai sekretaris YAP.

“Silahkan lakukan pengelolaan arsip dengan ikhlas semata-mata mengharap ridho Allah, untuk kepentingan pondok dan manfa’atnya pasti akan kalian peroleh untuk

kehidupan panjang yang akan kalian lalui kelak” tambahnya

Adapun pengelolaan arsip yang akan digarap adalah: arsip tekstual, arsip kartografi dan kearsitekturan, arsip audio-visual dan arsip komputer atau produk information and technology.

Sebagai harapan instruktur, ke depan insya Allah akan dibuat ruang “Record Center” sehingga mampu melayani keperluan Pimpinan dan lembaga-lembaga Al-Amien Prenduan sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai alat perencanaan, pengambilan keputusan, penentu kebijakan, pemeriksaan, pengendalian, penelitian dan sumber sejarah. Mohon do’anya (Abu Azhar)