BEM IDIA Prenduan Mengadakan Acara Tadabbur Alam

Tadabbur-Alam-Batang-Batang-300x225IDIA Prenduan – Tadabbur Alam merupakan salah satu kegiatan wajib tahunan yang terdapat di IDIA Prenduan. Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Alhamdulillah BEM IDIA Prenduan kembali sukses menyelenggarakan kegiatan Tadabbur Alam yang dalam kesempatan tahun ini bertempat di Pondok Pesantren At-Ta’awun Desa Legung Barat Kec. Batang-Batang Sumenep pada hari kamis s/d Jum’at (24-26/04/2014).

Kegiatan Tadabbur Alam tahun ini melibatkan 74 orang, baik dari kalangan Pengurus BEM Intensif, Plus, juga para peserta dan pembina. Kegiatan Tadabbur Alam ini secara resmi diberangkatkan oleh KH. Moh. Fikri Husain, MA di depan Gedung Rektorat IDIA Prenduan pada Kamis Siang (24/04/2014).

Selama pelaksanaan kegiatan Tadabbur Alam, antusias para peserta Tadabbur Alam nampak saat dihadapkan dengan berbagai agenda yang telah direncanakan sebelumnya oleh panitia diantaranya Proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), Perlombaan-Perlombaan, Bakti Sosial (Baksos) dan acara inti yaitu jelajah malam mentadabburi alam.

Dari setiap acara dalam kegiatan Tadabbur Alam tersebut, tentunya yang paling menarik yaitu kegiatan Jelajah Malam yang merupakan acara inti dari pelaksanaan Tadabbur Alam, dimana setiap peserta menjalani jelajah malam dengan rute yang telah ditentukan sebelumnya. Sepanjang rute tersebut disediakan pos-pos untuk memantau penjelajahan yang dilakukan oleh peserta. Selain itu, disamping menjelajah, pada setiap pos peserta diberikan materi-materi muhasabah terhadap ciptaan Allah Swt. guna semakin memupuk keimanan, keislaman, dan keihsanan kepada Allah Swt.

Acara puncak dari Kegiatan Tadabbur Alam diisi dengan penampilan hadrah oleh mahasiswa dan santri At-Ta’awun, serta pembagian hadiah untuk para pemenang lomba. Selain itu terdapat juga penyampaian ceramah oleh KH. Jakfar Shodiq, MM. (Red.IDIA-2014)