Apel Tahunan dan Khutbatul ‘Arsy 2020, Pimpinan Pondok: Pesantren Adalah Sebuah Cita-cita Agung

Sabtu, 12 September 2020 Bertempat di Lapangan Barat Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sebanyak 8.323 Santri, 1.014 Guru dan Dosen. Total 9.337 Santri dan Guru di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan berkumpul mengikuti salah satu acara sakral yang dihelat sekali setahun di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan yakni Apel Tahunan dan Khutbatul ‘Arsy 2020 M.

Pimpinan Pondok Beserta Anggota Dewan Riasah

Pada tahun ini, Apel Tahunan dan Khutbatul ‘Arsy 2020 dihelat di tengah status “Lockdown” Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan sehingga para alumni, simpasitan dan masyarakat luar tidak diperkenankan untuk hadir dan menyaksikan acara. Walaupun dihelat secara terbatas, acara Apel Tahunan dan Khutbatul ‘Arsy 2020 tetap khidmah dan meriah.

Barisan Peleton

Acara dimulai pukul 06.30 WIB dibuka dengan upacara ceremonial yang dipimpin langsung oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA., Ph.D.

Pemeriksaan Barisan oleh Pimpinan Pondok dan Anggota Dewan Riasah

Dalam Pidato Puncak, Pimpinan Pondok menyampaikan bahwa Pondok Pesantren adalah Sebuah Cita-cita Agung. Sebuah Kawah Candradimuka tempat Lahirnya Para Ulama’, Pemimpin Umat dan Mundzirul Qaum yang siap mengabdi kepada umat, bangsa dan negara  li izzil Islam wal Muslimin.

Pondok Pesantren adalah Sebuah Cita-cita Agung. Sebuah Kawah Candradimuka tempat Lahirnya Para Ulama’, Pemimpin Umat dan Mundzirul Qaum yang siap mengabdi kepada umat, bangsa dan negara  li izzil Islam wal Muslimin

Pimpinan juga tak henti-hentinya mengingatkan seluruh unsur pondok agar tidak melupakan ruh dan jati diri mereka sebagai pejuang. Pejuang yang mau berkorban. Para tentara-tentara Allah di medan ilmu pengetahuan. Yang dituntut untuk mengerahkan seluruh tenaga, pikiran bahkan jiwa dan raga dalam berjuan di jalan Allah sampai titik darah penghabisan.

Grand Opening yang Menampilkan Berbagai Macam Kearifan Lokal Nusantara

Kalian adalah pejuang. Kalian adalah tentara-tentara Allah di medan ilmu pengetahuan. Sebagai pejuang kalian dituntut untuk mengerahkan seluruh tenaga, fikiran, bahkan jiwa untuk berjuang secara maksimal fi sabilil-Lah sampai titik darah penghabisan

Tak ketinggalan, Pimpinan Pondok  juga mengucapkan rasa syukur dan terimakasih atas kepercayaan masyarakat yang memondokkan putra dan putri mereka di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Walaupun dunia sedang dilanda wabah Covid 19 namun tak sedikitlun menyurutkan niat dan keinginan para orang tua untuk menitipkan putra dan putri mereka di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Penampilan Persilatan

Pada tahun ini, Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan menerima amanah untuk mendidik santri dan santriwati sebanyak 2.216 orang di semua lembaga di lingkungan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan. Sebuah kepercayaan yang akan terus dirawat, dijaga dan diemban dengan penuh tanggung jawab.

Pelepasan Balon Apel Tahunan 2020

Apel Tahunan edisi kali ini mengangkat tema “Santri Tangguh Berdedikasi Untuk Negeri Li Izzil Islam Wal Muslimin. Ada tujuh rentetan Acara dimulai dengan penampilan Grand Opening dilanjutkan dengan penampilan Tari Kolosal, Pramuka Kopass Alpend, Persilatan, Drama Kolosal dan ditutup dengan Aksi Marching Band Al-Amien Prenduan.

(Nur Holis)