Usbu’ul Lughoh: Bahasa Arab Abadi Karena Bahasa Al-Qur’an

YAP – Ahad (02/03), pasca dilaksanakannya “dauroh tadribiyah  para muharrik bahasa pondok” satu pekan yang lalu (24-29/02), Kegiatan dilanjutkan dengan “Usbu’ul Lughoh al-‘Arobiyah” (Pekan Bahasa Arab). Acara tersebut merupakan rentetan akhir dari agenda kegiatan demonstrasi bahasa dilingkungan pondok yang dimotori oleh Biro Pendidikan, Divisi Markazul Lughoh.

Kegiatan Usbu’ul Lughoh ini dibuka secara terpadu dilingkungan Al-Amien II (TMI, MTA & IDIA) tadi pukul 19.50 WIB. Untuk Ma’had Banin dibuka oleh KH. Moh. Zainullah Rois, Lc bertempat di Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan, sedangkan yang membuka di Ma’had Banat KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA bertempat di Geserna TMI Putri. Dihadiri oleh Majelis Kyai & Nyai, Mudir-mudir, asatidzah dan seluruh santri Al-Amien II Pa-Pi terpisah.

Sebagaimana dalam agenda Kegiatan Usbu’ul Lughoh ini akan dilaksanakan setiap hari, yaitu: 1. Ba’da Shubuh s/d pukul 05.40; Tazwidul Mufradat wal Ishthilaahat bersama Wali Kelas & Muharrik Bahasa, 2. Pkl. 05.45 s/d 06.15; Istima’ melalui Ragil, 3. Pkl. 14.00 s/d 14.45;  Insya’ Yaumii oleh Muharrik Bahasa, 4. Pkl. 15.30 s/d 16.30; Tanfiidzul Mahkamah wal Musabaqoh oleh Muharrik Bahasa & Bag. Bahasa, 5. Pkl. 17.15 s/d 17.45; Tasyji’at Luhowiyah oleh Para Guru Master, dan 6. Pkl. 20.00 s/d 21.00; Muwajjah/Kegiatan Bahasa bersama Wali Kelas/Markazul Lughoh.

“Bahasa Arab abadi karena bahasa Al-Qur’an”. Oleh karena itu saya mengajak para santri/wati semua untuk semangat dalam mengembangkan kemampuan berbahasa Arab. Bahasa Arab adalah MAHKOTA PONDOK. Al-Amien terkenal dimana-mana karena bahasa Arab ini. Tadrib, tasyji’, takallam dan hiasi hari-hari antum dengan bahasa Arab. Begitulah kiranya pesan kyai Zainullah saat memberikan sambutan pembukaan. (Lajnah)