Santri dan Santriwati adalah Anak-anak Surga

shalatSabtu 14 September 2019, bertempat di Lapangan Utama Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, pondok kembali menghelat salah satu gawe akbar yang rutin dilaksanakan setiap tahun, yakni Apel Tahunan 2019.

Acara yang dihadiri oleh hampir 9000 Peserta yang terdiri dari santri/santriwati, Dewan Guru lintas lembaga  baik TMI , MTA IDIA, Pondok Tegal, Pondok Salafi dan Pondok Putri 1 Al-Amien.

Selain itu, para alumni, simpatisan, tokoh masyarakat dan juga masyarakat sekitar Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan turut memeriahkan acara yang dimulai pada pukul 06.30 dan berakhir pada pukul 10.00 WIB.

Acara diawali dengan upacara yang kemudian dibuka secara langsung oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Dr. KH. Ahmad Fauzi Tidjani, MA, dengan pemukulan Gong dan Pelepasan Balon Apel Tahunan 2019.

Dalam Pidatonya, Pimpinan dan Pengasuh menegaskan bahwasanya santri dan santriwati adalah Anak-anak Surga. “Di Pondok, kita melihat para santri dan santriwati sebagai anak-anak surga”

كأنهم ولدان مخلدون إذا رأيتهم حسبتهم لؤلؤا منثورا

“Mereka seperti wildan ( anak-anak surga) yang dikekalkan, jika kau melihat mereka seolah engkau melihat intan permata yang bertebaran!”

 

Selain sebagai anak-anak surga, Pimpinan juga menyampaikan bahwa santri adalah sumber keunggulan yang dari merekalah sikap kebersamaan, ukhuwah islamiyah, ukhuwah wathaniyah, dan ukhuwah basyirah timbul dan terpancar terang di negeri pertiwi ini.

Pimpinan mewanti-wanti kepada semua santri agar tidak abai dan melupakan jati diri mereka sebagai santri yang harus memerankan peran sentral sebagai agent of change yang tidak boleh mabuk gaya, pura-pura ilmiah, lalu menjadi golongan orang-orang liberal yang kerjanya membodohi ummat. “alhamdulillah, Al-Amien Prenduan aman, mencetak kader ulama’ yang istiqomah, tidak liberal, tidak radikal dan senantiasa merawat wasathiyatul islam.

Acara kemudian dibuka dengan penampilan Grand Opening yang menyungsung tema “Menyatu dalam Ukhuwah, Mencerdaskan Umat, Membina generasi Bangsa Liizil Islam Wal Muslimin” yang ditampilkan oleh santri kelas 1 Intensif, kelas 3 Reguler dan 3 Intensif. Total ada sekitar 200 an santri yang tampil dalam penampilan yang juga mengangkat isu terhangat yang terjadi di negeri ini yakni tentang Papua.

Selain Grand Opening, Apel Tahunan 2019 juga diramaikan oleh penampilan-penampilan santri yang sarat akan nilai-nilai seni dan kreatifitas seperti Tari Kolaborasi yang ditampilkan oleh santri kelas 5 TMI, Tari Saman yang dipersembahkan oleh santri dar Ma’had Tahfidz Al-Qur’an, LKBB variasi oleh Pasukan Kopas Alpend, pertunjukan Teater dengan tema Islam dan nasionalisme hasil kolaborasi antara Teater Roda IDIA, Teater Hilal TMI dan Teater Sekawan MTA. Disusul kemudian oleh penampilan Persilatan yang dimainkan oleh Perguruan Silat Sinar Cimande, ISLABA dan Karate. Terakhir acara Apel Tahunan ditutup dengan special performance Marching Band Al-Amien Prenduan. Total ada 7 Penampilan Santri dalam acara Apel Tahunan 2019.

 

 Ust. Nur Holis  (Staf Kordinator Harian Pimpinan Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan)