Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Juara MHQ Tingkat NASIONAL dan ASEAN

MTA- Untuk pertama kalinya Al-Amien Prenduan mengikuti kejuaraan lomba Musabaqah Hifdhul Qur’an (MHQ) 30 juz Tingkat ASEAN yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta pada tanggal 5-7 Oktober 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Ponpes Al-Amien Prenduan Sumenep dapat meraih juara satu tingkat nasional untuk putra, sedangkan putri meraih juara satu tingkat nasional dan ASEAN.

Yang menjuarai lomba ini adalah Zaffan Haidar (19), alamat Prenduan, dan Tiwi Alawiyah (18), alamat Tangerang, alumni Ma’had Tahfidzil Qur’an (MTA) tahun 2018-2019. Keduanya adalah guru pengabdian di lingkungan MTA Ponpes Al-Amien Prenduan.

Dijelaskan oleh KH. Junaidi Rosyidi, selaku pembina sekaligus pembimbing lomba MHQ kepada bahwa ada beberapa tingkatan dalam MHQ yang diadakan setiap tahun.

Menurutnya, MHQ ke-5 yang diadakan ini mencakup empat belas wilayah seluruh Indonesia. Sebenarnya itu ada dua lomba, MHQ tingkat nasional dan ASEAN. Jadi, para pemenang wilayah yang diadakan di 14 wilayah seluruh Indonesia akan menuju ASEAN. Untuk tingkat ASEAN ada 10 negara yang ikut serta dalam perlombaan ini.