Kabar Pondok, YAP

Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Meningkatkan Akses Perkaderan Melalui Pelatihan Desain Grafis Muda

Al-Amien Prenduan (14/10) – Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al-Amien Prenduan kembali mengadakan pelatihan desain grafis. Peltihan ini bertujuan meningkatkan akses perkaderan dalam teknologi informasi dan komunikasi. Proses penjaringan dimulai dari seluruh utusan lembaga pendidikan yang ada di bawah lingkungan yayasan al-Amien Prenduan. Penjaringan dilakukan di TMI, MTA, IDIA dan Putri 1 A-Amien Prenduan. Lebih daripada itu, penjaringan kepada seluruh Putri guru berkeluarga sebagai kader teras juga direkomendasi untuk mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan pelatihan ini merupakan pertama bagi angkatan Putri. Oleh karena itu, pelatihan ini merupakan momentum yang bersejarah karena seluruh pesertanya adalah Putri. Ditegaskan dalam pembukaan oleh kepala Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) AL-Amien Prenduan, KH Dr. Holilur Rahman, bahwa Medsos adalah nilai penuh hikmah. Barang siapa yang menguasai medsos maka Menguasai hikmah. Sehingga Dakwah melalui medsos merupakan keniscayaan.

Sambutan juga disampaikan oleh kepala biro pendidikan Al-Amien Prenduan Ustadz H. Suhaimi Zuhri, M. Pd. menegaskan bahwa dalam proses pelatihan desain grafis para peserta akan banyak berinteraksi dengan hal-hal yang berkaitan dengan pencitraan. oleh karena itu diperlukan daya imajinasi dan kreativitas yang tinggi bagi peserta untuk bisa membuat desain konten yang bisa di diminati oleh masyarakat digital sekaligus mempertahankan karakter dan ciri khas pesantren.

Pelatihan ini menjadi tantangan ke depan bagi para desain grafis muda dalam memberi memberi informasi yang bermakna kepada masyarakat. Pelatihan desain grafis ini menjadi agen perubahan besar karena hal ini belum dilakukan sebelumnya oleh para santriwati. Selamat menggores tinta emas untuk merubah dan menciptakan peradaban dunia yang Madani, ucapnya.

Di dalam acara pembukaan juga ada pengalungan simbolik kepada salah satu peserta dari unsur kader teras Ny. Afaf az Zahra Putri dari almarhum KH. Maktum Djauhari. sebelum memberikan pengalungan kepala BLKK Al-Amien Prenduan mengingatkan bahwa peserta pelatihan perlu menjaga karakter santri pondok pesantren Al-Amien Prenduan untuk berjiwa tarbawi, ma’hadi dan islami. Karakter tersebut merupakan mutiara emas bagi santri kapanpun dan dimanapun.

Di akhir acara kepala BLKK Al-Amien Prenduan juga mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada BLK Sidoarjo yang telah membina BLKK Al-Amien Prenduan untuk terus maju berkarya dalam desain grafis. Harapannya semoga terus bersinergi dan berkolaborasi yang lebih bermakna.

Kegiatan pelatihan ini akan berlangsung selama sebulan, dimulai dari pembukaan yang dilaksanakan hari ini (14/10) sampai dengan tanggal 14 November 2021. Para peserta pelatihan di BLKK Al-Amien Prenduan, selain mendapat materi pelatihan desain grafis, juga terlebih dahulu akan dibekali dengan materi-materi soft skill.

Materi soft skill tersebut terdiri empat topik, yakni “Signifikasi Akhlak dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi” oleh KH. Dr. Ghozi Mubarok Idris, “Signifikasi Akhlak dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi” oleh KH Dr. Holilur Rahman, “Signifikasi Kewirausahaan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi” oleh Dr. H. Mashuri Thoha, M.Pd., dan “Signifikasi Kewirausahaan dalam Teknologi Informasi dan Komunikasi” oleh Ust. H. Afandi Ahmad, Lc.

Adapun materi desain grafis yang akan diajarkan utamanya adalah penguasaan aplikasi Corel Draw dan Adobe Photoshop. Materi ini akan disampaikan oleh pelatih BLKK Al-Amien Prenduan yang berlisensi resmi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) dan telah mengikuti Diklat Dasar Instruktur BLK Komunitas.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, para peserta mampu meningkatkan produktifitas unit usaha pondok serta menjadi nilai ibadah bagi mereka” harapan pelatih BLKK Al-Amien Prenduan, Ust. Khoirul Anam Sahbillah ketika dimintai komentar di akhir acara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *