PKM 2011

Patah tumbuh, hilang berganti. Pepatah inilah yang selalu menjadi pengingat agar kita selalu mempersiapkan generasi baru sebelum generasi sebelumnya pergi. Hal ini yang menjadi dasar dilaksanakannya Pelatihan Kepemimpinan dan Manajemen (PKM) bagi santri-santri kelas V TMI sebagai persiapan sebelum menjabat sebagai pengurus organisasi santri ISMI masa khidmah 2011-2012 nanti.

“Para santri kelas V ini akan dilatih dan dipersiapkan untuk menjadi pemimpin bagi adik-adik kelasnya. Menjadi pemegang tongkat estafet kepengurusan ISMI. Lebih jauh, para peserta juga akan menjadi pemimpin di masyarakat kelak”, ujar Ketua Panitia PKM, Ust. A. Rifa’ie.

Program tahunan ini dilaksanakan selama 5 hari (7-12/01/11). Kegiatan pelatihan meliputi sesi dan praktek langsung di tengah-tengah santri. Materi meliputi tema kepemimpinan, administrasi kantor, mengelola keuangan, bimbingan santi dalam kelompok-kelompok dan lain-lain. Tahun ini diikuti oleh 143 peserta putra, dan 151 peserta putri.

Selama pelaksanaan PKM, para peserta secara langsung ditempatkan sebagai pengurus pembantu pengurus ISMI di masing-masing bagian. Dan diberi tugas untuk sementara menggantikan para pengurus dalam melaksanakan tugas, dengan diawasi langsung oleh pengurus ISMI.

Para peserta ini akan melaksanakan serah terima jabatan kepengurusan ISMI setelah Musyawarah Tahunan (MUSTA) yang akan dilaksankan pertengahan Februari mendatang.