Pembelajaran Alfiyah di TMI

TMI – Pembelajaran Alfiyah di TMI Al-Amien kini semangat-semangatnya. Program ini disambut antusias oleh para santri. Terlebih, ketika melihat kakak-kakak mereka kelas VI begitu mahir setelah pulang dari mondok di Al-Amien III Kapedi (Al-Hikmah) selama 35 hari. “Kelas VI yang hanya 35 hari disana bisa menghafal 170-an bait Alfiyah, masa saya tidak bisa,” seru salah seorang santri kelas IV TMI.

Tepatnya pada selasa malam lalu (10/05) pembelajaran Alfiyah yang semestinya berjalan seperti biasa diganti dengan tasyji` dari Mudir A`am TMI, KH. Achmad Tidjani Syadzili, Lc. Beliau memaparkan panjang lebar tentang program pembelajaran Alfiyah, sambil memotivasi mereka dengan menceritakan kegiatan-kegiatan santri niha`ie ketika di Al-Amien III. Termasuk tentang film “KISS” yang dibuat oleh santri kelas VI ketika di sana.

Acara malam itu diakhiri dengan demonstrasi Alfiyah oleh santri kelas VI. Diharapkan ini dapat memotivasi para santri dalam menghafal bait-bait Alfiyah karya Ibnu Malik tersebut. “Kami (santri niha`ie) akan memotivasi para santri dengan demonstrasi ini, agar para santri semangat dalam menghafal Alfiyah melebihi semangat kami ketika di Al-Amien III,” papar Mlm. Farisul Haq saat ditemui di Masjid Jami` Al-Amien.

Pembelajaran Alfiyah tersebut dilaksanakan pada setiap malam Minggu, malam Senin, malam Rabu dan malam Kamis. Para santri didampingi oleh para Wali Kelas dan asisten dari santri kelas VI. Tidak hanya para santri, para guru pun mendapatkan bimbingan khusus Alfiyah. Para guru ini dibimbing oleh guru-guru senior.