Perkajum 2010

Jika istilah yang sering kita dengar adalah Persami, maka di pondok kami, karena hari libur adalah hari Jum’at, kami menyebutnya Perkajum (Perkemahan Kamis-Jum’at). Diselenggarakan tahun ini sebagai program perdana Departemen Kepramukaan ISMI di Lapangan Bhinteng desa Prenduan (10/06/10). Tidak diikuti oleh seluruh santri, melainkan hanya Regu Khusus (Resus), Sangga Khusus (Sangsus) dan beberapa Sangga biasa yang berminat.

“Di sinilah para anggota pramuka dituntut untuk menunjukkan hasil dari latihan pramuka yang diadakan setiap hari Rabu. Masing-masing regu harus berlomba-lomba menunjukan yang terbaik”, terang kak Rizky dalam sambutan pembukaan.
Perkemahan ini juga sebagai wujud persiapan bagi masing-masing regu jika nanti ada perlombaan kepramukaan di luar sekolah. Karena itu, diadakan perlombaan-perlombaan khas kepramukaan seperti sandi-sandi, baris-berbaris, pionering dan lain-lain.

Di luar itu semua, kegiatan kepramukaan memberi banyak manfaat bagi para santri. Selain sebagai bentuk hiburan, kegiatan-kegiatan dalam pramuka sejatinya membuat para santri menjadi lebih mudah bersosialisasi, mandiri dan menjadi pemimpin yang baik.

Meski ada beberapa halangan seperti cuaca yang kurang baik sehingga mengganggu acara api unggun, para santri terlihat tetap bersemangat. Belum lagi, rute penjelajahan yang konon membuat beberapa regu tersesat, karena kurang teliti melihat tanda arah.