Santri TMI Juara I Olimpiade Matematika Se-Jawa dan Bali

TMI- Mencintai ilmu adalah salah satu syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap orang yang ingin mendapatkan ilmu. Begitu halnya dengan seorang santri yang di setiap aspek kesehariannya tidak pernah lepas dari kegiatan keilmuan, entah itu bersifat pembelajaran formal maupun non-formal.

Berkaitan dengan hal ini, kemarin tepatnya pada hari Ahad, 22 September 2019 tiga orang santri TMI terdiri dari satu orang dari santri kelas II MTs, dan dua orang santri kelas IV MA mengikuti event perlombaan Olimpiade Matematika 2019 se-Jawa.

Seleksi per-rayon sebagai langkah seleksi tahap awal ini diselenggarakn di MAN II Pamekasan. Dalam tahapan awal ini tentu banyak hal yang dipersiapkan dengan matang sebagai modal utama untuk mengikuti kontes Olimpiade Matematika.

Di setiap harinya, ketiga kontingen tersebut, Ach Fauzi dan kawan-kawan harus melakukan training atau latihan yang dimentori oleh guru matematika yang professional. Menjelang pemberangkatan peserta Olimpiade Matematika ini, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Mudir Marhalah Aliyah Pa, Ust. H. Moh. Hamzah Arsa;

“Yang pertama tentu yang paling penting adalah niatkan semua ini untuk ibadah, tak ada niat yang lain kecuali hanya untuk ibadah. Kedua tentu ini adalah momen kalian untuk belajar dan berlatih lebih dalam mengenai ilmu matematika, ketiga ini merupakan kesempatan untuk kalian berprestasi memberikan hal yang terbaik untuk pondok ,” pesan Mudir Marhalah Aliyah menjelang pemberangkatan peserta Olimpiade.

Dengan adanya Olimpiade Matematika ini bukan hanya sekedar perlombaan semata, tetapi melainkan ada hal yang jauh lebih penting yaitu adanya rasa cinta akan suatu ilmu, terutama ilmu matematika. Rasa cinta yang dibuktikan keberadaanya dengan bersungguh-sungguh setiap waktu belajar dengan tekun dalam mempelajari ilmu matematika, hingga bisa mengikuti event Olimpiade Matematika dengan kesiapan yang telah dipersiapkan dengan matang sebelumnya.

Lomba Olimpiade Matematika UINSA ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh himpunan Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Sunan Ampel Surabaya. Lomba ini diikuti oleh sekolah-sekolah Islam di seluruh Pulau Jawa.

Sebagai tahap awal dari perlombaan Olimpiade Matematika ini, ketiga kontingen santri TMI tersebut harus melewati tahapan seleksi awal yang diadakan pada tanggal 22 September 2019. Seleksi awal ini merupakan seleksi yang dilakukan per-rayon sebagai langkah dalam penyaringan peserta yang unggul, adapun pengumuman untuk kelolosan peserta pada tahapan seleksi awal ini akan diumumkan pada tanggal 29 September 2019, dan peserta yang lolos nanti akan melanjutkan langkahnya mengikuti lomba Olimpiade Matematika Semi Final dan Final yang akan dilaksanakan di Surabaya pada tanggal 5 Oktober 2019.