Khidmah Tarbawiyah; Praktek Belajar Mengurus Lembaga

Pelepsan khidmah oleh PimpinanTMI – Program Nihaie yang disusun dengan sangat padat selama setahun penuh, bertujuan untuk menyiapkan alumni-alumni yang handal, menjadi produk-produk lulusan TMI yang dapat diandalkan. Salah satunya melalui program “Khidmah Tarbawiyah”.

Program Khidmah Tarbawiyah ini merupakan kesempatan yang dikemas khusus bagi santri kelas akhir untuk mempraktekan ilmu-ilmu yang telah mereka pelajari selama mondok, sebelum mereka nanti benar-benar terjun ke masyarakat luas.

Sebagai bekal awal mengikuti program ini, seluruh santri nihaie diwajibkan utnuk mengikuti kegiatan pembekalan, yang disajikan oleh para Kyai dan Guru-guru senior sesuai dengan bidangnya masing-masing. Adapun materi-materinya senagai berikut; Mengajar di kelas, Berinteraksi dengan Kiyai/Nyai dan Masyarakat (Adab Sopan Santun), Tilawah atau Tadarrus Al-Qur’an, Mengajar Bahasa Arab (Tazwidul Mufradat dan Tasyji’at Lughawiyah), Membaca Kitab Kuning & Khot/Kaligrafi, Membimbing Belajar Mandiri (Otodidak), Mengelola Administrasi Manajemen Sekolah, Ibadah Amaliyah dan Kegiatan Ritual Keagamaan, Mendirikan dan Mengembangkan OSIS (Organtri) serta kegiatan-kegiatan di dalamnya, dan Mendirikan dan Mengembangkan Pramuka/GUDEP (Dinatrian).

Selain kegiatan pembekalan, diadakan acara silaturrahim bersama para Pimpinan Lembaga lokasi Khidmah Tarbawiyah. Tujuannya adalah agar para pimpinan lembaga tersebut, terlibat secara langsung pada proyek perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program Khidmah Tabawiyah ini.

Pelepasan Khidmah 2015Pada tahun ini, lembaga-lembaga yang menjadi lokasi Khidmah Tarbawiyah mencakup dua kabupaten di Madura, yaitu wilayah Kab. Pamekasan (Putra) dan wilayah Kab. Bangkalan (Putri).

Sesuai agenda, santri kelas akhir akan mengikuti program Khidmah Tarbawiyah selama 10 hari, yaitu mulai Senin (30/03) s/d Rabu (08/04). Untuk putra dilepas oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok KH. Maktum Jauhari, MA pada Ahad (29/03) di kediaman, juga oleh Pengasuh Ma’had TMI KH. M. Zainullah Rois, Lc pada Senin (30/03) di depan gedung Puspagatra, sedangkan untuk Putri yang melepas Wakil Pengasuh TMI KH. Ghozi Mubarok, MA di depan Geserna.

“…melalui program ini diharapkan dan diyakini akan mendatangkan barakah dan manfaat bagi anak-anak kita, mereka akan berlatih, mereka menggunakan kesempatan ini untuk benar-benar mempraktekkan apa yang sudah mereka pelajari selama mondok bertahun-tahun lamanya di lokasi-lokasi baru (khidmah tarbawiyah).“ Sebagaimana sambutan Wakil Pimpinan dan Pengasuh Pondok. Selamat jalan… semoga banyak mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan barokah. Amiin.