Kandepag Sumenep Silda ke Al-Amien

Silaturrahmi memperpanjang umur dan memperbanyak rizki, demikian sabda Nabi. Makna silaturrahmi inilah yang ingin diraih oleh Kepala Departemen Agama, Sumenep, beserta jajarannya ketika menggelar Silaturrahim Ramadhan di Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan (16/09).
Dalam kesempatan itu, H. Imron Rosyidi selaku Kakandepag menyampaikan harapannya agar silaturrahmi dan jaringan kerjasama antara Depag dan AL-AMIEN PRENDUAN semakian erat terjalin. Karena bagaimanapun pondok pesantren merupakan salah satu bidang garapan utama Depag. “Kenapa Depag harus bekerja sama dengan pondok pesantren seperti Al-Amien? Karena kerja-kerja Depag tidak jauh dengan pesantren. Akan selalu berhadapan dengan kiai. Dan yang dijadikan contoh adalah Al-Amien. Dengan demikian Depag harus selalu menjalin silaturrahmi dengan Al-Amien. Demikian pula dengan pondok-pondok yang lainnya,” tegasnya.
Dengan adanya silaturrahmi tersebut diharapkan tercipta sinergi kerja antara Depag dengan pondok pesantren. Sehingga nantinya akan muncul silang feedback baik dari pihak pesantren maupun Depag demi kemajuan kinerja masing-masing. Di pihak yang berbeda, pihak pondok mengharapkan informasi-informasi baru dari pihak Depag agar segera dapat disampaikan kepada pihak pondok sehingga dapat direspon dengan cepat.
Dalam pertemuan tersebut pula dibicarakan pula tentang informasi peluang-peluang yang mungkin bisa didapatkan oleh Al-Amien sebagai bentuk nyata dari kerja sama antara Al-Amien dengan Depag. Peluang tersebut bisa berbentuk beasiswa pendidikan bagi guru ataupun peluang yang berupa bantuan pengembangan dan perbaikan sarana. Selain itu juga dibicarakan tentang peluang yang berkenaan dengan perbaikan kebijakan-kebijakan sebelumnya yang harus segera diantisipasi oleh Al-Amien.
Di akhir pertemuan, Kakandepag mengharapkan agar Al-Amien dapat memberikan bantuan kepada pihak Depag untuk memberikan training kepada beberapa lembaga binaan Depag di sekitar Al-Amien berkenaan dengan sertifikasi dan dana BOS yang hingga saat ini seringkali terjadi manipulasi data.
Hadir bersama kepala Kandepag 10 orang staf yang terdiri kepala seksi serta beberapa pejabat teras Depag Sumenep. Dari pihak pondok sendiri selain pimpinan hadir pula KH. Moh. Khoiri Husni, S.Pd.I, Kepala Humas KH. Ja’far Shodiq serta Kepala Sekretariat Ust. H. Slamet Fiddien, S.Sos.I, mudir-mudir ma’had dan marhalah serta beberapa pengurus inti Yayasan AL-AMIEN PRENDUAN.