Al-Amien Prenduan Gelar Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD)

KMDAl-Amien II – Kegiatan Kursus Pembina Mahir Tingkat  Dasar (KMD) telah dibuka pada hari Minggu (29/09/2013).  Diawali dengan upacara pembukaan yang dihadiri oleh pimpinan dan pengasuh, Kak. Kwarcab Sumenep, Bapak Camat, Danramil, dan Kapolsek Pragaan, Serta anggota majelis Kyai dan para pelatih KMD.

Acara kursus tersebut diikuti oleh 285 peserta. Rinciannya, dari Ponpes. Al-Amien Prenduan sebanyak 256 orang dan 9 orang delegasi dari luar Al-Amien, yaitu dari Ponpes Darul Ittihad, Bangkalan, Ponpes. Roudlatul Ulum, Kapedi Sumenep dan Ponpes. Darun Najah, Ganding Sumenep.

Pada waktu sambutan pimpinan dan pengasuh PP. Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA mengatakan, yang pertama; mengajak bersyukur kepada Allah Swt. atas nikmat Islam dan Iman yang telah diberikan kepada kita. Yang kedua; berterimakasih kepada Kak Kwarcab. Sumenep dan para pelatih yang telah menjalin kerjasama dengan Al-Amien dalam pelaksanaan KMD.

Beliau juga menambahkan bahwa kegiatan Pramuka di Al-Amien merupakan kegiatan wajib bagi para santri, untuk itu perlu dipersiapkan pembina yang punya keterampilan membina lewat kegiatan Kursus Mahir Tingkat Dasar (KMD). Sehingga mereka sudah memiliki banyak keterampilan membina yang baik dan bagus, apalagi sebentar lagi mereka akan segara mengganti kakak seniornya yang akan purna tugas.

Dalam sambutannya Ka. Kwarcab Sumenep, Drs. H. Moh Sirad Aidy, M.Si, mengucapkan “Terima kasih kepada pondok Al-Amien yang telah ikut andil membina generasi-generasi muda lewat kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan merupakan ikatan kepemudaan yang dapat menyelamatkan pemuda-pemuda bangsa Indonesia dari kenakalan remaja. Dan Al-Amien sejak berdirinya sudah banyak melahirkan pramuka-pramuka unggul, seperti pramuka GARUDA yang salah satu santrinya ada yang pernah ikut Jambore Pramuka Internasional, di London.

Ditambahkan komentar oleh salah satu pembina pramuka Al-Amien Kak Ja’far Shodiq, yang pernah ikut acara perkemahan Internasional COMDECA (Community Development Camping) tahun 1993, bahwa Kursus Mahir Tingkat Dasar ini perlu dilanjutkan dengan Kursus Mahir Lanjutan (KML). Sebagai upaya peningkatan pembinaan keterampilan para pembina pramuka, khususnya dikalangan para pembina Al-Amien dan umumnya para pembina yang ada diseluruh Indonesia.

Acara kursus KMD ini akan dilaksanakan selama 7 hari, dimulai dari hari Ahad, 29 September  hingga 5 Oktober 2013. (Ja’far Shodiq)