TMI Menulis dan Kontes Juara Menulis 2016

Penutupan TMI Menulis 2016 di TMI Al-Amien PrenduanTMI – Mengingat banyaknya bibit-bibit penulis muda di kalangan Santri dan besarnya potensi yang mereka miliki, maka TMI Al-Amien Prenduan secara rutin mengadakan kegiatan bertajuk TMI Menulis. Banyak santri yang memiliki bakat dan juga minat untuk menulis, baik tulisan ilmiah maupun sastra. Selain itu tradisi tulis-menulis dan penerbitan di TMI memang sudah berjalan sejak lama sehingga wajar bila banyak alumni TMI Al-Amien Prenduan yang memiliki nama besar di bidang tersebut, baik sebagai cendekiawan, sastrawan, maupun wartawan. Oleh karena itu, dengan kegiatan seperti ini para santri diharapkan dapat mengembangkan potensi yang mereka milika dan juga memantapkan niat dan komitmen mereka untuk menekuninya.

Kegiatan yang berlangsung selama seminggu ini berisi tiga jenis kegiatan. Pertama, Workshop Kepenulisan yang diikuti oleh 240 santri TMI yang merupakan utusan-utusan kelas serta kelompok-kelompok minat keilmuan dan kebahasaan dan memiliki minat pada dunia kepenulisan. agar lebih efektif workshop kepenulisan ini dibagi menjadi beberapa kelas berdasar minat para peserta, yakni: Kelas Cerpen, Kelas Puisi, Kelas Artikel, Kelas Esai, Kelas Berita, Kelas Penerjemahan Bahasa Arab dan Kelas Penerjemahan Bahasa Inggris, dengan pemateri dari Pengurus dan Guru. Selain itu, diadakan pula Latihan Menulis bersama Syaf Anton WR yang diselenggarakan di Auditorium TMI Putra Pada hari Jum’at 22 April 2016. Kedua, Menulis Serentak yang dilaksanakan di Masjid jami’ Al-Amien Prenduan dan diikuti oleh seluruh santri TMI. Sebanyak kurang-lebih 850 Santri dari kelas I hingga IV dikumpulkan dan diberi kesempatan untuk menulis sesuai minat mereka, dengan harapan agar timbul minat untuk menulis serta menghilangkan rasa takut bahwa menulis adalah hal yang sulit. Ketiga, Lomba Karya Tulis dan Penerbitan yang berisi beberapa macam lomba kepenulisan, baik regu maupun perseorangan. Kompetisi ini diadakan agar sesama Santri mampu bersaing secara adil dan dapat saling belajar untuk menjadi yang terbaik.

Kegiatan ini dibuka oleh KH. Ghozi Mubarok Idris, MA pada tanggal 18 April 2016 dan ditutup oleh KH. Moh. Zainullah Rois, Lc pada tanggal 24 April 2016. Selain berisi penampilan-penampilan, di malam penutupan tersebut juga diumumkan para pemenang dalam Lomba Karya Tulis dan Penerbitan. Untuk tahun ini Juara Umum diraih oleh shof III Intensif.

IMG_8560Beberapa hari sebelumnya di Ma’had Putri juga diadakan acara serupa dengan tajuk Kontes Jawara Menulis (KJM). Acara yang juga berisi pelatihan dan kompetisi kepenulisan ini dibuka oleh KH. A. Tijani Syadzili, Lc pada tanggal 15 April 2016 dan ditutup oleh KH. Moh. Zainullah Rois pada tanggal 23 April 2016. Di malam penutupan yang juga diselingi dengan penampilan-penampilan, diumumkan pula pemenang dalam kegiatan ini, yakni Shof III Intensif sebagai Juara Umum dan Shof I Intensif sebagai juara favorit.