Kabar Pondok, TMI

Tingkatkan Kompetensi Guru, TMI Launching Sistem Adminitrasi Guru

TMI- Guru yang kompeten menjadi syarat utama suksesnya sebuah lembaga pendidikan. Bentuk kompetensi guru, salah satunya, bisa dilihat dari kepatuhan terhadap adminitrasi keguruan. Ini pula yang menjadi semangat bagi Ma’had TMI ketika mengembangkan Sistem Adminitrasi Guru yang secara resmi dilaunching pada tanggal 29 Mei 2021 oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, bertepatan dengan acara Rapat Guru Lengkap (RGL) sekaligus acara Workshop Peningkatan Kompetensi Guru.

Dalam sambutanya, KH. Ahmad Fauzi Tidjani, Ph.D sangat mengapresiasi adanya Sistem Adminitrasi Guru (SAG) sebagai suatu terobosan baru yang sangat baik bagi lembaga TMI.

“Aplikasi ini mudah-mudahan bisa membawa berkah, dengan ini saya melaunching aplikasi Sistem Adminitrasi Guru (SAG) dengan bersama-sama membaca ummil furqon, Al Fatihah.”

Sementara itu, Pengasuh Ma’had TMI juga menyambut baik adanya perkembangan Sistem Administrasi Guru (SAG)

Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. AHmad Fauzi Tidjani, Ph.D Melaunching Sistem Adminitrasi Guru (SAG)

“Alhamdulillah sistem administrasi di TMI semakin berkembang. secara bertahap sistem ini (SAG) akan terus kita rawat dan kembangkan, untuk kemudian menjadi sistem adminitrasi yang kukuh dan mewakili perwajahan TMI di bidang administrasi,” ujar KH. Dr. Ghozi Mubarok, M.A.

Sistem Administrasi Guru (SAG) merupakan sistem informasi yang dibangun oleh TMI bersamaan dengan SAS sejak tahun 2003-2004. Tahun ini, 2021, SAG dikembangkan dalam versi daring berbasis web, dan sudah bisa diakses melalui akun versi SAS mobile.

Sistem Adminitrasi Guru sudah terkoneksi dengan data perkembangan santri yang sumber datanya berbasis dari guru, baik sebagai pengajar dan pembimbing.

SAG dibangun untuk peningkatan mutu manajemen, tata kelola dan organisasi TMI guna merekam administrasi guru baik yang berkenaan dengan kepatuhan administratif (compliance) maupun berbasis kinerja (performance) sejak diangkat menjadi guru hingga akhir masa pengabdian di TMI.

Kedepan, SAG akan terintegrasi dengan SAS dan sumber data lainnya yang berhubungan dengan data administrasi guru TMI, semisal SIMASTER IDIA untuk data kegiatan akademik guru pengabdian TMI selama kuliah di IDIA.

Ada berbagai fitur yang terdapat dalam Sistem Adminitrasi Guru (SAG) diantaranya, data induk yang berkenaan dengan data dasar pribadi guru berupa: Identitas Pribadi, Kontak dan Akun Media, SK dan Status Guru TMI, Riwayat Pendidikan, Data Sertifikasi, fitur jadwal mengajar, dokumen pengajaran berupa program tahunan (prota), i’dad tadris, draft soal UTS, draft soal UAS, rekam pertemuan, penilaian harian berupa  kegiatan penilaian yang dilakukan oleh guru berupa penugasan, menjawab soal, portofolio atau model2 penilaiannya lainnya untuk meningkatkan kompetensi siswa dan penguasaan materi, Evaluasi Kehadiran Belajar yaitu pengecekan kehadiran santri dalam tatap muka yang dimanfaatkan untuk syarat keikutsertaan dalam ujian minimal 75% dari jumlah tatap muka, atau dizinkan untuk ikut ujian karena pertimbangan tertentu oleh guru ataupun pihak marhalah. (AS/29/05/21)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *