Tasyakkur Hifdhil Qur’an JQH 2016 M.

TMI – Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) adalah Salah satu proggram unggulan Ma’had Tarbiyatul Mu’allimien Al-Islamiyah (TMI) Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN Sumenep Madura. Jam’iyyatul Qurro’ wal Huffadz (JQH) adalah suatu program yang berfokus dalam mencetak Huffadz Al-Qur’an dan Qori-Qori’ah yang berkualitas. Yang nantinya selain disiapkan menjadi para pendidik (Mu’alliem) para santri juga diharapkan bisa menjadi Hafidh Al-Qur’an.

Pada tahun ini, sesuai dengan agenda Pondok menjelang akhir tahun pelajaran dilaksanakan acara Tasyakkur Hifdh Juz ‘Amma, 5, 10, 15, 20, 25 dan 30 Juz pada hari Jum’at (29/04) untuk TMI Putri di Musholla TMI Putri dan TMI Putra hari Sabtunya (30/04) di Auditorium TMI Putra.

Agenda Tasyakur JQH dimulai dengan acara Silaturrahim Wali Santri/Wati peserta Tasyakkur bersama Majelis Kyai Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN. Yang dilaksanakan pada sore harinya dan dilanjutkan dengan prosesi Tasyakkur yang dilaksanakan pada malam harinya (19.30 s/d selesai).

Pimpinan dan Penagasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan Dr. KH. Ahmad Muhammad Tidjani, MA menegaskan kepada seluruh peserta Tasyakkur JQH “Agar selaku Hammalatul Qur’an yang mana dia adalah orang yang paling mulia setelah para Nabi dan Ulama’, harus bertanggung jawab atas hafalan Al-Qur’annya serta mengaplikasikan ajaran-ajaran yang terkandung didalamnya.”  Hal itu mempertegas atas apa yang disampaikan oleh KH. M. Zainullah Rais, Lc yang dalam sambutannya beliau menyampaikan, “ Bahwa acara Tasyakur JQH sangat istimewa dari acara apapun, hal itu tidak lain karena pada acara ini merupakan  acara untuk mensyukuri atas karunia Allah SWT. Yang begitu istimewa terhadap santri yang dipercaya untuk bisa menghafal Al-Qur’an dan menjaganya, semoga kedepannya mereka bisa mengembangkan dan menjaga hafalan Al-Qur’annya serta bisa mengamalkannya”.

Adapun yang menjadi peserta acara Tasyakkuran JQH tahun ini untuk Ma’had TMI Putri berjumlah 52 orang dengan rincian:  Juz ‘Amma sebanyak 43 orang, 5 Juz sebanyak 5 orang, dan 30 Juz sebanyak 4 orang. Sedangkan untuk Ma’had TMI Putra berjumlah 123 orang dengan rincian: Juz ‘Amma sebanyak 71 orang, 5 Juz sebanyak 31 orang, 10 Juz sebanyak 12 orang, 15 Juz sebanyak 1 orang, 20 Juz sebanyak 1 orang, 25 Juz sebanyak 2 dan 30 Juz sebanyak 5 orang.

Semoga kita semua termasuk ke dalam keluarga Allah dan orang-orang yang diistimewakan oleh-Nya, amiin yaa rabbal ‘alamiin..