Porseni dan Persada 2010

Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) dan Persada (Pekan Seni dan Budaya) secara resmi dibuka oleh pimpinan PP. Al-Amien Prenduan, KH. Muhammad Idris Jauhari pada Rabu (31/12/2009). Pelepasan seekor burung merpati oleh beliau menandai dimulainya kegiatan ini.

Kiai Idris menyatakan, Porseni dan Persada termasuk salah satu unsur pendidikan terpenting yang dilaksanakan di luar jam pelajaran formal. “Porseni dan Persada kental dengan nilai-nilai pendidikan,” tukasnya.

Porseni diperuntukkan bagi santri TMI Putra, sementara Persada khusus untuk santriwati TMI Putri. Keduanya dilaksanakan secara terpisah. Dengan kepanitiaan yang terpisah pula.

Cabang-cabang olah raga yang dipertandingkan dalam Porseni tahun ini meliputi: sepak bola, bola voli, bola basket, sepak takraw, teni smeja, bulu tangkis, pencak silat, atletik, lempar gelang dan gobak sodor.

Di bidang kesenian meliputi: nasyid, solo song, qori’ dan tilawah, membaca berita pidato 3 bahasa, cipta puisi, melukis, pantomim, debat, fashion show, kaligrafi, kitab kuning, letter, karikatur, mading, balas pantun, penyiar, resensi buku, drama kolosal dan cerdas cermat.

Adapun cabagn seni dan budaya yang dilombakan dalam Persada meliputi: MC 3 bahasa (Arab, Inggris, Indonesia), balas pantun, fiqhun nisa’, karikatur, hasta karya, menyulam, nasyid, tata boga dan tata ruang, penyiar 3 bahasa, desain busana, cerdas cermat, debat 3 bahasa, fashion show, cipta puisi terjemah Al-Qur’an, kaligrafi kontemporer, pop song 3 bahasa, graffiti / letter, baca berita 3 bahasa, mading 3 bahasa, merajut, merangkai bunga, rias pengantin, drama, melukis dan karya ilmiyah.

Porseni dan Persada berlangsung hingga Selasa 8 Januari 2009. Selamat berlomba!