Mengenal Pondok Lebih Dalam; Rangkaian Acara Kuliah Umum Kepondokan (KUK)

TMI – (17/09/2013). “ Tak kenal maka tak sayang”. Sebuah pepatah yang pantas ditanamkan kepada setiap diri para santri akan pentingnya mengenal lembaga tempat mereka berada, khususnya bagi santri baru yang belum genap satu semester berada di pondok. Mengingat akan pentingnya mengenal pondok, berbagai program diberikan kepada para santri agar mereka semakin mengenal pondok ini. Diharapkan dengan mengenal pondok dengan baik, mereka akan lebih mengenal dan lebih cinta kepada pondok.

Salah satu acara yang diadakan bagi para santri/wati yakni Kuliah Umum Kepondokan (KUK). Acara KUK adalah acara yang rutin yang diadakan setiap dua kali dalam setahun. Kali ini, KUK dilaksanakan selama satu minggu, dimulai dari hari Senin, 10 September 2013 s/d 17 September 2013 dengan agenda pembukaan terpisah putra putri. Untuk santri putra dibuka secara resmi oleh wakil Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA. Sedangkan pembukaan KUK untuk santri putri oleh wakil Pengasuh Ma’had TMI Al-Amien Prenduan, KH. Ghozi Mubarok, MA.

Selain membuka acara, dalam sambutannya, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani juga menekankan akan pentingnya kepedulian kepada pondok. Beliau menegaskan akan loyalitas santri dan guru terhadap pondok. “Salah satu bentuk loyalitas kita kepada pondok adalah hadir ke tempat acara” ucap beliau.

Dalam acara seminggu ini, serangkaian acara disusun untuk para santri/wati dengan materi disiplin-disiplin pondok dan pengenalan elemen-elemen pondok. Dalam acara ini pula diadakan acara Ta’aruf antara santri/wati dengan pengurus Pondok, mulai dari Pimpinan Pondok, Pengurus Yayasan dan para Mudir beserta staf-stafnya. (L. Sulhan)