Catatan

Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit

Judul Buku : Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit (Jilid 1—4)
Penulis : Taufiq Ismail
Editor : Moh. Hamzah Arsa* & Oyon Sofyan
Penerbit : Horison
Tahun Terbit : 2008
Tebal : 3104 hlm.

Inilah buku yang cukup representatif menggambarkan sepak terjang Taufiq Ismail di sepanjang trotoar kesusastraan dan kebudayaan Indonesia dan dunia selama 50 tahun lamanya, sejak tahun 1953 hingga 2008. Dengan tajam, kadang jenaka, Taufiq Ismail berhasil memotret berbagai persoalan yang mengemuka, baik di bidang sastra, budaya, kesenian, politik, sosial, keagamaan, dan lainnya.

Buku Mengakar ke Bumi Menggapai ke Langit terdiri dari empat jilid. Jilid I adalah himpunan puisi Taufiq Ismail yang ditulisnya mulai tahun 1953-2008. Jilid II berisi himpunan tulisan berupa kolom, artikel, dan lain-lain di berbagai media, seperti Horison, Harian KAMI, Tempo, Kompas, Ummat, Gatra, Republika, Sinar Harapan, dan lain-lain. Jilid III Berisi tulisan Taufiq Ismail berupa laporan perjalanan, obituari, pengantar buku, cerita pendek, dan drama. Jilid IV berisi lirik lagu Taufiq Ismail, yang dinyanyikan oleh Grup Musik Bimbo, Ahmad Albar, Nicky Astria, Chrisye, Gita Gutawa, Arman Maulana, Duta, dll.

Membacanya secara menyeluruh jelas akan memperkaya spektrum pemikiran kita terutama dalam perspektif Taufiq Ismail, baik sebagai seorang penyair maupun budayawan, terlebih ketokohannya sebagai pelopor Angkatan ’66 dalam sastra Indonesia.

* Moh. Hamzah Arsa, alumni TMI Al-Amien Prenduan tahun 1998. Kini, sedang menyelesaikan magisternya di Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.