Kabar Pondok, Kesyukuran 64 Tahun

Membentuk Generasi Qur’ani dengan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional

Al-Amien Prenduan – Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dalam rangka Kesyukuran 64 Tahun Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, berlangsung sukses dan meriah di Geserna TMI Putri Al-Amien Prenduan (19/10/2016).  MTQ ini dibuka secara resmi oleh Syekh Dr. Zaid Al-Ghoili, delegasi dari Hai’ah al-‘Alamiah li Tahfidzil Al-Qur’an yang bermarkas di Jeddah, Saudi Arabia sekaligus sebagai Mudir Tahfidz Al-Qur’an di San’ad, Yaman.

Pada kesempatan itu, Syekh Zaid Al-Ghoili mengapresiasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an ini dan berharap agar menjadi sarana belajar yang efektif untuk terus mencintai Al-Qur’an. Apalagi Al-Qur’an tidak saja sebagai kitab suci melainkan juga sebagai petunjuk bagi umat Islam. “Al-Qur’an huwa al-huda,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tidjani, MA, mengajak umat Islam untuk tidak saja menghapal dan membaca Al-Qur’an. Lebih dari itu,  bagaimana menjaganya dengan sebaik mungkin dan mengamalkan isinya dalam kehidupan sehari-hari. “Menghapal bukan hanya sekedar hapal secara tertulis dan bacaan saja, tetapi hendaknya menjaganya dengan sebaik-baik penjagaan, menjaga hati, juga menjaga kelakuan sehari-hari,” ujar beliau.

Hadir pada pembukaan MTQ antara lain Majelis Kiai Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Kepala Kemenag Kabupaten Sumenep, H. Moh. Shodiq, M.Si, para guru, dan santri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ini dilaksanakan selama 2 hari. Terhitung dari tanggal 19 – 20 Oktober 2016. Adapun cabang-cabang perlombaannya meliputi, Musabaqah Hifdz Al-Qur’an 1 Juz, Musabaqah Hifdz Al-Qur’an 5 Juz, Musabaqah Hifdz Al-Qur’an 10 Juz, Musabaqah Tilawatil Qur’an Mujawwadah, dan Musabaqah Kaligrafi Al-Qur’an.

Menurut Ketua Pelaksana MTQ, Ust. Ach. Habibie Walidil Kutub, total peserta yang berpartisipasi dalam Musabaqah Tilawatil Qur’an saat ini sebanyak 360 peserta.  Mereka berasal dari berbagai lembaga pendidikan di Indonesia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *