Kunjungan Studi Komparasi BLKK Al-Amien Prenduan

Kunjungan studi komparasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Al-Amien Prenduan, pada hari Rabu (5/1/22) di Pusdiklat Pondok Pesantren Tebuireng Jombang, mendapat sambutan hangat dari seluruh fungsionaris pondok.  

Pada kesempatan ini Direktur Pusdiklat Tebuireng Ust. Abdul Halim, M.Pd, yang kebetulan teman se asrama KH. Dr. Holilurrohman selaku kepala BLKK Al-Amien Prenduan, memberikan pendampingan penuh dengan nuansa kekeluargaan.   

Dalam pertemuan yang diadakan di gedung Wahid Hasyim, Kyai Kholil menyampaikan tujuan dari studi komparasi ini adalah untuk mengetahui langsung pola pelatihan terhadap guru pengabdian dalam pembinaan santri.

Ust Halim menjelaskan bahwa calon guru pengabdian di Pondok Pesantren Tebuireng terdiri dari mahasiswa semester VII dan VIII. Mereka dilatih selama 4 bulan dengan materi yang beragam. Antara lain; Mental Fisik Dasar. Psikologi, yang memuat tentang komunikasi yang efektif. Kepemimpinan Yang Melayani. Manajemen Keluhan. Neuro Linguistic Programming (NLP). Psikologi Remaja. Parenting yang meliputi; Kedisiplinan, Kepembinaan, Kepengasuhan Santri, Keteladanan Diri, Kewalisantrian, dan Perlindungan Anak. Public Speaking, dan materi-materi kepesantrenan.

Narasumber pada pelatihan ini adalah para akademisi dan praktisi yang memang profesional dibidangnya. Seperti materi mental fisik dasar langsung dilatih oleh personil Koramil setempat. Materi psikologi diampu oleh profesor lulusan psikologi. Untuk materi kepesantrenan diisi oleh pengasuh, dan para pimpinan pondok pesantren besar di tanah air seperti KH. Hasan Abdullah Sahal dari Gontor.   

Untuk proses pematangan, para calon pembina ini diutus ke pondok-pondok pesantren di Indonesia untuk menjadi bagian dari fungsionaris pondok tersebut. Hal itu bertujuan untuk mensinergikan sistem pendidikan di berbagai pondok pesantren untuk kemudian dipadukan dan diterapkan di Pondok Pesantren Tebuireng baik pusat maupun cabang.

Alumni dari Pusdiklat ini diterjunkan ke tengah-tengah santri untuk melakukan pembinaan langsung di asrama. Acara diakhiri dengan penandatanganan MoU antara BLKK Al-Amien Prenduan dan Pusdiklat Tebuireng, dengan harapan kedepan ada tindak lanjut yang positif untuk menata pola pembinaan santri yang lebih baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published.