KKS (Kepemimpinan Kelompok Santri)

11807504_859748537427572_279401822575693085_oTMI Al-Amien Prenduan kembali melaksanakan kegiatan KKS (kepemimpinan kelompok santri) yang dilaksanakan di Auditorium Putra pada hari jumat 07/08/2015 yang dibuka langsung oleh Mudir ‘Am TMI Al-Amien Prenduan KH. Ghozi Mubarok, MA. Dan ditutup kembali oleh Mudir Ma’had TMI Al-Amien Prenduan KH. Bakri Sholihin. Dan adapun jumlah peserta dari acara ini terdapat 435 orang yang mencakup ketua dan wakil Kelas, Minat, Muhadharah, Dapur, Konsulat, dan kelompok Pramuka yang ada dalam lingkup TMI Al-Amien Prenduan. Dalam kegiatan KKS ini diharapkan dapat membentuk jiwa-jiwa yang sanggup memimpin dan dipimpin  dalam diri santri. Hingga akhirnya mereka dapat mengerti akan besarnya tanggung jawab yang harus mereka tanggung dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Leadership.

Sebenarnya kegiatan KKS ini bukanlah kegiatan yang asing lagi di lembaga TMI namun kegiatan ini sudah lama diadakan, guna memberikan pengarahan yang mendidik dalam bentuk kepemimpinan di dalam diri seorang santri, karena memang bentuk kepemimpinan di lembaga TMI sudah diberi amanat sejak mereka menempuh jenjang pendidikan entah dalam ketua-ketua kelas ataupun dalam ketua-ketua kelompok yang ada dalam lembaga TMI Al-Amien Prenduan.

Dengan diadakannya kegiatan ini juga, seorang santri dapat mengimplementasikan hadits nabi yang berbunyi “setiap diantara kamu adalah pemimpin dan setiap kamu bertanggung jawab atas apa yang dipimpinnya”. Sehingga mereka akan tahu betapa pentingnya menjadi seorang pemimpin serta mengetahui arti dari tanggung jawab atas apa yang telah di amanatkan kepada mereka. Dan pada akhirnya mereka dapat menjadikan sebuah konsep pembelajaran dalam diri mereka menjadi seorang pemimpin yang yang sebagai mana mestinya.

Demikianlah arti dari kegiatan KKS ini dilaksanakan yaitu sebagai apresiasi santri dalam memegang amanah yang telah diberikan kepada mereka untuk menjadi seorang pemimpin yang baik, jujur dan bertanggung jawab atas setiap apa yang dipimpinnya. Serta dapat menjadi panutan yang baik bagi angota-anggotanya dalam setiap kegiatan yang ia lakukan dalam menjalankan visi dan misinya menjadi seorang pemimpin yang baik.