JALAN PINTAS MENUJU EROPA !?

lughah putriTMI- (21/08), antusiasisme para santriwati terlihat saat acara seminar dadakan yang diadakan kemarin malam. DACH (red, Edu Changes) benar – benar berhasil memikat santriwati Al – Amien untuk kuliah di luar negri dengan jalur beasiswa. Faktor yang paling menggiurkan ialah, gaji yang akan mereka dapatkan terbilang besar jika kuliah di luar negri. Selain itu, terjaminnya biaya pendidikan dan asuransi kehidupan juga mempengaruhi minat mereka. Namun, mudahnya beasiswa yang ditawarkan berbanding terbalik dengan kuota yang disediakan oleh pihak Edu Changes.

Program ini juga hanya diadakan setiap 4 tahun sekali, hal ini menambah kesulitan bagi para calon penerima beasiswa. Selain itu, banyaknya kendala yang pasti akan mereka hadapi seperti, penduduk yang minoritas islam dan kriminalitas yang tinggi membuat peminat berfikir dua kali untuk mengejar beasiswa tersebut. Padahal, Edu Changes menawarkan berbagai kemudahan. Diantaranya, mudahnya tes penyeleksian bagi para peserta. Seperti yang diungkapkan oleh pihak konsultan Edu Changes yang akrab disapa Mba Putri “ Saya ga butuh orang pinter, saya butuh orang tangguh yang bisa bangkit ketika jatuh. Karna orang pinter itu songong dan susah diatur “.

Namun banyak hal yang mengganjal, seperti biaya pendaftaran yang terbilang sangat murah (200.000) untuk beasiswa penuh S1, S2, dan S3, yang bisa dipilih di tiga Negara yaitu Jerman, Austria dan Swiss. Nah, tanda tanyanya adalah benarkah kita bisa memilih Uiversitas mana saja yang diminati di tiga negara itu?, seperti yang dikatakan Mbak Putri-Pembicara seminar. Yang lebih menggiurkan lagi yaitu, tidak adanya tes Akedemik termasuk nilai raport dan tidak perlu sertifikat TEOFL. “kita hanya pakai tes motivasi, wawancara dan tes kecepatan tanggap bahasa. Dan ” jelas mbak Putri. Namun disini tidak ada kejelasan sumber yang membiayai beasiswa ini . Anda tertarik ?