IDIA Prenduan, Kabar Pondok

IDIA Prenduan Kembali Meraih Prestasi dalam Lomba Debat Bahasa Arab Tingkat Nasional

Al-Amien Prenduan, IDIA – Tim debat bahasa Arab IDIA Prenduan, berhasil meraih juara tiga dalam Festival Arab Nusantara (FAN) 2021. Acara ini diselenggarkan oleh Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta secara daring. Peserta yang berhasil memenangkan perlombaan di antaranya Daffa Dhiyaulhaq, Prodi IQT semester 2, Bahrul Jadid dan Fahmy Iskandar dari Prodi KPI semester 2, semuanya adalah alumni TMI Al-Amien Prenduan dan saat ini menjadi Mahasiswa IDIA Prenduan program plus.

Daffa menjelaskan, perlombaan ini dilaksanakan secara online melalui Via Zoom Meeting. Perlombaan ini memakai sistem ASEAN Parlementer Debate. Peserta yang ikut sebanyak 10 tim dari perwakilan Universitas-universitas di Indonesia. Peserta dalam perlombaan relatif sedikit karena berbarengan dengan perlombaan serupa, yakni MAHABBAH yang diselenggarakan Universitas Muhammadiyah Surakarta. 

Pada babak penyisihan, tim debat IDIA Prenduan harus melawan Tim Sibaweh UIN Jakarta sebelum masuk ke babak delapan besar atau perempat final. Setelah masuk Perempat Final, IDIA Prenduan berhasil mengalahkan Tim dari An-Nuqoyyah Latee dan lanjut ke babak Semi Final.

Sayangnya, di babak ini Tim IDIA kalah 10 poin saat menghadapi Tim BSA UIN Jogja. Sehingga Tim IDIA hanya bisa lolos ke babak perebutan juara 3 melawan Tim Nurul Jadid. Akhirnya, dalam acara penutupan Tim Debat IDIA Prenduan diumumkan sebagai juara 3 dalam kompetisi tersebut.

Menjelang akhir tahun 2021, IDIA Prenduan berhasil menorehkan prestasi yang membanggakan di bidang debat Bahasa Arab di tingkat nasional. Selain Juara III di Festival Arab Nusantara (FAN) UIN Syarif Hidayatullah jakarta, sebelumnya tim debat IDIA Prenduan juga meraih Juara I dalam Pekan Arabi Universitas Negri Malang, Juara II dalam Festival Bahasa dan Budaya (FBB) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan Juara III dalam Al-Arobiyah lil Funun (ALF) UIN Syarif Hidayatullah. (df/kz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *