Catatan

Buku Para Pecinta

Judul Buku : Para Pecinta Selat Philips
Penulis : Hasan Aspahani, Saibansah Dardani, dkk*
Penerbit : AKAR Indonesia Yogyakarta Bekerjasama Dengan POROSASTRA Batam
Tahun Terbit : Maret 2007
Tebal : 144 hlm.

Buku ini adalah kumpulan cerita pendek (cerpen) yang ditulis oleh para budayawan dan pekerja seni di Batam Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), salah satunya adalah Saibansah Dardani. Diantara mereka ada Hasan Aspahani, Samson Rambah Pasir, Andra S. Kelana dan beberapa nama lain lagi. Cerpenis Joni Ariadinata ikut terlibat dalam proses penerbitan buku tersebut dan Joni pulalah yang memilih judul buku tersebut.

Joni sengaja memilih judul “Para Pecinta Selat Philips” karena beberapa seting ceritanya adalah laut dan selat Philips yang membentang antara Batam dan Singapura. Seperti cerpen yang ditulis Saibansah yang berjudul “Zikir Laut”. Cerpen ini justru lahir dari guncangan gelombang dan ombak di tengah laut perairan Provinsi Kepri. Maklum, penulis cerpen ini kerap mancing di laut dua sampai tiga hari. Tidak hanya ikan yang didapat, tapi juga inspirasi yang dituangkan dalam cerpen “Zikir Laut”.

* Saibansah Dardani, alumni Al Amien Prenduan Sumenep Madura tahun 1991 (Youneral, angkatan ke-15). Saat ini masih setia dengan profesi sebagai wartawan ekonomi di Pulau Batam. Blog Pribadi : http://www.batamftzguard.blogspot.com