Laporan Mubes III & SILNAS 2013


Acara Pembukaan; Meningkatkan Ilmu Alumni Dengan Dzikir dan Fikir

Acara Musyawarah Besar (MUBES) III & Silaturrahim Nasional (SILNAS) Ikatan Keluarga Besar Al-Amien Prenduan (IKBAL) tahun 2013 dibuka secara resmi pada hari Sabtu, 13 Sya’ban 1434 H/22 Juni 2013 M oleh Pimpinan dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Maktum Jauhari, MA. Pembukaan ini dilaksanakan selama satu jam, dari pukul 16.00-17.00 WIB.

Acara pembukaan ini dilaksanakan secara terpisah, untuk Putra dilaksanakan di Aula TMI Al-Amien Prenduan dan untuk Putri di GESERNA TMI Al-Amien Prenduan.

Ketika menyampaikan sambutan pembukaan, KH. Maktum Jauhari, MA menyampaikan informasi-informasi perkembangan Al-Amien sepeninggal almarhum KH. Moh. Idris Jauhari. Beliau mengawali dengan memperkenalkan susunan majlis kiai terbaru dan perkembangan-perkembangan selama ini, seperti produk Air Minum Dalam Kemasan LANA, pembangunan kantor Yayasan Terpadu, pengaspalan jalan di lingkungan Al-Amien II, pendirian Jasa Tour dan Travel Perjalanan PT. Mutiara Alpen. Bahkan yang tak kalah pentingnya, kia Maktum berharap kepada seluruh peserta MUBES, agar dapat memberikan masukan positif kepada pondok pesantren Al-Amien Prenduan. Menurut beliau, “Jewerlah kami, sebelum kami dijewer masyarakat bahkan Na’udzubillah sampai dijewer Allah.”

Sedangkan acara pembukaan untuk Putri, MUBES III  & SILNAS 2013 dibuka secara resmi oleh Ketua Dewan Pengasuh Putri Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, Ny. Hj. Dra. Anisah Fatimah Zarjasyi. Dalam pembukaan tersebut beliau menyampaikan harapannya kepada para alumni. Bahwa, “Sebagai Alumni Al-Amien, kita semua senantiasa terus meningkatkan keimanan, keilmuwan dengan cara berdzikir dan berfikir” Jelas beliau.

Kedua pembukaan ini ditutup dengan do’a oleh KH. Fauzi Rosul, Lc untuk Putra dan Ny. Hj. Zahratul Wardah, BA untuk Putri.

Motivasi Alumni Untuk Santri; Ilmu Yang Diamalkan

Kegiatan Motivasi Belajar: Tokoh Alumni Bersama Santri dilaksanakan secara terpisah antara Putra dan Putri. Untuk Putra dilaksanakan di Masjid Jami’ Al-Amien Prenduan, sedangkan untuk Putri dilaksanakan di Muholla TMI Putri.

Acara yang dilaksanakn pada tanggal 22 Juni 2013 M setelah sholat maghrib ini diikuti oleh para santri dari tiga lembaga, antara lain; TMI, MTA dan IDIA Prenduan.

Diisi oleh KH. Irham Rofi’ie untuk santri putra dan Usth. Daniatul Husna untuk santri putri.  Dalam isi motivasinya, KH. Irham Rofi’ie selaku Pengasuh PP. Darul Ittihad Geger Bangkalan menyampaikan bahwa pelajarn yang ada di pondok Al-Amien, semuanya akan bermanfaat di kehidupan kelak. “kalian jangan khawatir, semuanya akan bermanfaat asalkan kita mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari! Insya Allah, ilmu itu akan mengantarkan kita pada kesuksesan dunia dan akhirat” Jelasnya.

Kiai yang tidak pernah mengenyam pendidikan bangku kuliah sejak lulus dari TMI Al-Amien Prenduan pada tahun 1986 ini juga menyampaikan tentang pengaruh mengamalkan mahfudzat, “jangan hanya dihafalkan, tapi harus juga diamalkan! Saya telah membuktikan, mengamalkannya, membantu saya sukses walau tanpa bangku kuliah.

Tidak jauh beda dengan KH. Irham Rofi’ie. Di depan santriwati, Usth. Daniatul Husna juga menyampaikan tentang kunci sukses di dunia dan akhirat di depan para santriwati. Alumni TMI Putri tahun 1997 ini, juga menyampaikan  bahwa sukses itu kuncinya hanya satu. “Sukses itu adalah ilmu yang bermanfaat dan diamalkan,” tegas beliau.

FORMASI PENGURUS PUSAT IKBAL | Masa Khidmah: 2013-2018 M

Dewan Pembina:

Majlis Kyai Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN

Majlis A’wan Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN

Pengurus Yayasan AL-AMIEN PRENDUAN

Dewan Penasehat:

Ketua: KH. Taufiqurrahman, FM, Sumenep | Sekretaris: Sofyan Hadi, Sumenep | Anggota: KH. Lailurrahmah, Lc, Pamekasan | Drs. H. Djatim Makmun, Pamekasan | KH. Fahmi Say’ari, M.Ag., Sampang | KH. Iedul Fitri, Sampang | KH. M. Faishol Anwar, Bangkalan | KH. Abdul Hakam, Bangkalan.

Pengurus Harian:

Ketua Umum: KH. Irham Rofi’ie | Ketua I: KH. Drs. Abushiri Sholehuddin | Ketua II: KH. Nahrowi Syukairi | Sekretaris Umum: Mahfud, S.Pd.I | Sekretaris I: Maliji Jalali, S.Sos.I | Sekretaris II: Drs. Amrullah Umar | Bendahara Umum: Maimun | Bendahara I: KH. Moh. Bakri Sholihin, S.Pd.I | Bendahara II: Rusdi Subroto.

Departemen-departemen:

Pendidikan dan Pembinaan SDM: Ahmad Rosyadi [Sumenep], Umar Bukhari, M.Ag. [Pamekasan], Sauqi Mubarak, S.Pd.I [Sampang], Zainullah, S.Sos.I [Bangkalan]

Da’wah dan Pengabdian Masyarakat: Susiyanto, S.Sos.I [Sumenep], KH. Nafi Syari’at’, Lc [Pamekasan], Maksum Kariem, M.Pd [Sampang], KH. Hasani Zubair, S.Ip [Bangkalan]

BAZIS dan Pemberdayaan Ekonomi Umat: Nur Hayat [Sumenep], Ir. H. Nizar Asyik [Pamekasan], Moh. Shodiq Al-Akromi, S.Ag [Sampang], Dr. Abd. Rahman Tsani [Bangkalan]

Informasi dan Hubungan Masyarakat: H. Bahri Bahar [Sumenep], KH. Mannan Zarkasyi [Pamekasan], Rofi’ Ukhrowi, S.Hi [Sampang], Hadhori Fathurrosi [Bangkalan]