Usbu’ut Ta’aruf Wat Taujih: Upaya Menghindari Al-Fahmu As-Saqim

 

YAP- Pekan Perkenalan dan Orientasi atau Usbu’ut Ta’aruf wat Taujih merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh Pondok Pesantren gambar KUKAl-Amien Prenduan ketika memasuki tahun ajaran baru. Acara ini berlangsung selama 7 hari berturut-turut dari tanggal 25 Juli hingga 1 agustus 2017.

Pekan Perkenalan ini dibuka secara resmi oleh pimpinan dan pengasuh Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan KH. Dr. Ahmad Fauzi Tijani, MA di masjid Jami’ Al-Amien untuk santri putra, sedangkan di putri dibuka oleh wakil pimpinan KH. Dr. Ghazi Mubarok Idris, MA di gedung serba guna (GESERNA) TMI putri, yang dihadiri oleh santri dan santriwati dari IDIA, TMI DAN MTA.

Dalam sepekan ini semua santri tanpa terkecuali wajib mengikuti rentetan acara yang ada di dalamnya. Yang tema sentralnya antara lain; Mengenal Lebih Dalam Tentang Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Al-Amien Prenduan, termasuk di dalamnya IDIA, TMI dan MTA, juga dikenalkan tentang tata cara hidup yang Islami, Tarbawi dan Ma’hadi serta Kiat-Kiat Sukses hidup di dalamnya.

Dalam pembukaan, pimpinan dan wakil pimpinan sangat menegaskan pentingnya mengenal pondok ini dengan sebaik-baiknya, sehingga tidak terjadi kesalahpahaman (al-fahmu as-saqim) yang puncaknya akan menimbulkan ketidakpercayaan terhadap pondok.

“Maka dari itu, penting untuk menggali kembali makna dari PANCA JIWA pondok, terutama yang pertama, yaitu Keikhlasan, ikhlas itu tulus, tanpa disuruh dan dipaksa, dan selalu terpanggil untuk menebar kebaikan,”papar pimpinan dalam pembukaan ini.