Rapat Guru Lengkap Menjelang Ujian Tahriri

RGL Ujian Tahriri TMI Al-Amien Prenduan 2016Tarbiyatul Muallimien Al-Islamiyah (TMI) pada hari ini (7/5) mengadakan rapat guru lengkap (RGL) menjelang Ujian Tahriri di Mushalla Asma’ Lathifa TMI Putri. Rapat ini diikuti semua guru TMI dan juga Santri/wati kelas VI yang dalam ujian kali ini juga bertugas menjadi pengawas ujian.

RGL berlangsung pada jam 07:00 hingga jam 08:30 dan berjalan dengan lancar. Acara dipandu oleh Ust. H. Saiful Anam, M.Pd selaku Project Officer Ujian Akhir Tahun, dengan agenda utama yakni fatwa dan nasehat serta pengarahan secara umum oleh Majlis Kyai dan juga pengarahan tentang petunjuk pelaksanaan (Juklak) Ujian Tahriri oleh Mudir ‘Aam TMI.

Dalam kesempatan ini Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. Dr. Ahmad Fauzi Tijani, MA menyampaikan tentang ujian sebagai ajang untuk memperbaiki moral dan akhlak. Beliau mewanti-wanti tentang kemerosotan akhlak dan juga krisis keteladanan. Saat ini kesuksesan ujian seringkali  hanya diukur dari nilai yang dicapai, sehingga ada beberapa oknum yang berbuat curang demi mendapat nilai tertinggi dan lulus ujian, hal seperti ini tidak boleh terjadi di Al-Amien. Ujian harus dilaksanakan dengan jujur dan juga ada standar penilaian kelayakan santri untuk lulus, namun nilai saja belum cukup. Hal tersebut harus diimbangi dengan akhlak yang baik, yakni bagaimana dia menghadapai ujian serta bagaiman tingkah-lakunya selama setahun penuh menjalani proses pendidikan di Al-Amien, baik di kelas maupun di luar kelas.

Hal senada ditambahkan oleh Wakil Pimpinan dan Pengasuh PP. Al-Amien Prenduan, KH. Ghozi Mubarok, MA. Beliau mengingatkan tentang tujuan pesantren sebagai pembangun pribadi manusia. Beliau mengajak kita mengambil i’tibar dari pembangunan Tembok Besar China. Tembok raksasa sepanjang 8.851 km ini dibangun dengan tujuan untuk menghalau serangan musuh, namun ternyata musuh tetap saja dapat masuk bukan dengan menghancurkannya, melainkan dengan menyuap penjaganya. Kisah tersebut mengajarkan kita untuk tidak hanya mementingkan pembangunan fisik dan sarana namun melupakan pembangun mental sumber daya manusia yang menghuninya.

SamPenyerahan Soal Ujian Akhir Tahun TMI Al-Amien Prenduanbutan ketiga disampaikan oleh Pengasuh Ma’had TMI, KH. Moh. Zainullah Rois, Lc dan dilanjutkan dengan pembacaan Juklak Ujian Tahriri oleh Mudir ‘Aam TMI, KH.  Ahmad Tijani Syadzili, Lc. Beliau berpesan bahwa acara seperti ini rutin dilaksanakan–yang sebagaimana sering disampaikan oleh KH. Moh. Idris Jauhari–dengan harapan agar yang belum tahu menjadi tahu, yang lupa kembali ingat, dan yang sudah tahu serta ingat kian meyakini dan istiqomah mengamalkan.

Acara ini ditutup  dengan do’a oleh KH. Fadhli Fatrah dan juga penyerahan simbolis naskah soal ujian oleh Tim Pengadaan Soal (TPS) kepada  Mudir Ma’had Putra dan Putri melalui Pengasuh Ma’had TMI.