Peringatan Tahun Baru 1348 Hijriah

WebsiteAl-Amien Prenduan (01/10/2016) –  1 Muharram adalah momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia, yaitu momen hijrahnya Nabi Muhammad Saw. dari kota Mekkah ke Madinah (Yastrib). Di Al-Amien Prenduan, pergantian tahun hijriah ini dirayakan dengan doa bersama sebelum dan selepas shalat Maghrib, sebagai tanda berakhirnya tahun 1347 H, juga sebagai perayaan dimulainya tahun baru 1348 H.

Selain itu, selepas sholat Isya, berlangsung juga ceramah agama, sebagai peringatan untuk tahun baru Hijriah, yang diisi oleh KH. Zarkasyi Rahman, salah satu alumni senior ma’had TMI Al-Amien Prenduan. Peringatan tahun baru hijriah ini adalah salah satu tradisi yang terus dijaga sampai hari ini. Mengingat bahwa pergantian tahun dalam Islam merupakan salah satu sejarah penting dalam catatan perjalanan Islam sampai hari ini.

Acara ini berlangsung dengan khidmat. Para santri terlihat antusias mendengarkan KH. Zarkasyi Rahman bercerita tentang sejarah Nabi dan sahabat-sahabat yang berkaitan dengan momen hijrahnya Nabi Muhammad Saw. Ajaran-ajaran edukatif, nilai-nilai kejuangan, kesederhanaan, kesabaran juga keikhlasan dalam kehidupan nabi, dipaparkan dengan menanyakan kembali kepada diri kita, bagaimana kita menyikapi pergantian tahun baru hijriah ini dengan sewajarnya. Sehingga wajar jika ajakan pertama kali yang diserukan oleh KH. Zarkasyi Rahman adalah untuk melibatkan diri dalam proses sampainya Islam ke tengah-tengah masyarakat, sebagaimana disampaikannya siang kepada malam, malam kepada siang, oleh Allah Swt, dan akan terus begitu sampai yaumil-qiyamah. (Red)