Menjaga Mahkota Pondok dengan Usbu’ul Lughah

YAP- Usbu’ul Lughah (5-12/1) merupakan kegiatan wajib yang harus diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren AL-AMIEN PRENDUAN. Kegiatan ini didahului oleh Dauroh Tadribiyyah li Muharriki wa Muharrikat al-Lughah (1-4/1) yang sudah berlangsung pada awal Januari lalu.

Peserta dari Dauroh ini terdiri dari para pengurus di lembaga IDIA, TMI, MTA dan Putri I yang dibekali dengan skill Keguruan seperti cara menambah kosa kata bahasa Arab sekaligus memperaktekkannya. Dengan harapan mereka nantinya akan menjadi penggerak dalam kegiatan Usbuul Lughah khususnya dan pada kegiatan-kegiatan kebahasaan pada umumnya di lembaga masing-masing.

Kegiatan Usbu’ul Lughah al-Arabiyah ini di putra dibuka secara resmi oleh salah satu anggota Majelis Kiai Al-Amien Prenduan, KH. Moh. Khairi Husni, S.Pd.I di masjid Jami’ Al-Amien Prenduan pada hari malam Jum’at, 5 Januari 2018 diikuti oleh seluruh santri putra Al-Amien Prenduan. Sedangkan di Putri oleh Wakil Pimpinan dan Pengasuh Al-Amien Prenduan Dr. KH. Ghazi Mubarok, MA di Geserna yang dihadiri oleh seluruh santri putri.

Beliau berdua menegaskan perlunya para santri untuk menggunakan bahasa Arab dalam kegiatan sehari-hari di pondok serta menyadari akan manfaat yang akan mereka petik kelak di kemudian hari. Karena menurut beliau, Bahasa Arab merupakan kunci ilmu pengetahuan sekaligus mahkota dari Pondok Pesatren Al-Amien Prenduan.

Kegiatan Pekan Bahasa Arab ini diisi dengan kegiatan-kegiatan kebahasaan yang sangat padat mulai habis shalat Subuh hingga menjelang tidur di malam hari. Seperti penambahan kosa kata, kalimat-kalimat bahasa Arab serta lomba-lomba untuk mengasah skill berbahasa. Diakhiri dengan al-Laylah al-Arobiyyah yang diisi dengan hiburan-hiburan berbahasa Arab sekaligus pembagian hadiah bagi para pemenang lomba yang diadakan selama sepekan ini. Seperti pada tahun sebelumnya, kegiatan Dauroh dan Usbu’ul Lughah tahun ini di Komandani langsung oleh kepala Biro Pendidikan ust Suhaimi Zuhri, S.Ag dan kepala Markazul Lughah ust. H. Fahmi Fattah, S.Sos.I.