Meningkatkan Ekonomi Ummat Bersama Yayasan Cheng Hoo

CHENG HOYAP-Pondok Pesantren Al-Amien terus mengembangkan sayapnya, terutama di sektor pendidikan, da’wah dan perekonomian.

Salah satunya adalah Seminar Nasional yang diadakan pada 27 Oktober di Geserna TMI Putri lalu bekerjasama dengan Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia. Seminar yang mengangkat tema “Menelusuri Jejak Dakwah Laksamana Cheng Hoo” ini menitik-tekankan pembahasannya pada upaya-upaya membuka kesadaran ummat akan pentingnya upaya peningkatan ekonomi, pendidikan dan keagamaan ummat Islam Indonesia.

Seminar ini dihadiri langsung oleh H. Abdullah Nurawi sebagai Ketua Pelaksana Yayasan Haji Muhammad Cheng Hoo Indonesia untuk periode 2014-2019. Dalam seminar ini  Abdullah Nurawi menjadi pembicara utama yang membahas tentang Peran Laksamana Cheng Hoo Dalam Pengembangan Ekonomi Ummat, ditemani oleh penyair Clurit Emas KH. Zawawi Imron yang membahas tentang Peran Laksamana Cheng Hoo dalam pengembangan Pendidikan dan Keagamaan Ummat Islam serta Serta Kardono wartawan Jawa Pos yang membidik Jejak Sejarah Laksamana Cheng Hoo di Indonesia. Even ini juga dihadiri Komunitas Pengusaha Cheng Hoo se Jawa Timur serta ribuan peserta lainnya.

Tentu saja, kegiatan ini bukan sekedar sosialisasi konsep belaka, tapi juga ditindak lanjuti dengan aksi nyata. Menurut Ust H. Affandi Ahmad, Lc sebagai wakil Biro Eksar Yayasan Al-Amien Prenduan mengemukakan bahwa “Sebenarnya kerjasama Al-Amien dengan Yayasan Cheng Hoo sudah berlangsung lama, dan sebagai wujud dari bekerjasama itu kita akan segera bergerak dalam sektor perekonomian antara lain, pendirian pabrik roti, pendirian pabrik grosir untuk pangan dan kebutuhan rumah tangga, pengadaan kursus bahasa Mandarin, barber shop syari’ah dan pelatihan akupresur, semoga gagasan ini berjalan lancar dan barokah,” pungkasnya.