Mengenal Lebih Dalam Tentang IDIA Lewat ORDIPA

Orientasi Studi dan Pengenalan Almamater (ORDIPA), merupakan kegiatan yang diadakan Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan (IDIA) setiap tahunnya untuk mahasiswa/i baru. Kegiatan ini wajib diikuti oleh mahasiswa/i baru IDIA, baik program Intensif, Plus dan Reguler

ORDIPA diadakan untuk membantu mahasiswa/i baru mengenal lingkungan kampus IDIA, budaya akademik di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan secara umum. Selama kegiatan ORDIPA, mahasiswa/i baru akan dibagi dalam kelompok-kelompok dan didampingi seorang Senior, sebutan untuk kakak angkatan yang sudah ditunjuk oleh panitia.

ORDIPA tahun 2016  dilaksanakan mulai tanggal 04/16 (Pra-Ordipa) dan 5-7/16 (ORDIPA). Tema yang diangkat dalam Ordipa’16 tahun ini adalah “Membumikan Akhlak Qur’ani”. Yang didalamnya diisi oleh beberapa pemateri diantaranya Wakil Rektor Bid. Akademik Ust. Musleh Wahid, M.Pd yang menyampaikan materi Mengenal IDIA dan Tri Darma Perguruan Tinggi kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh masing-masing dekan dari setiap fakultas, yaitu : Dr. Fattah Syamsuddin, MA yang menyampaikan materi Mengenal Fakultas Dakwah, Dr. Mashuri Toha, M.Pd menyampaika materi Mengenal Fakultas Tarbiyah dan  Ust. Mu’iz, M.Th.I menyampaikan materi Mengenal Fakultas Ushuluddin.

Kemudian pada hari Sabtu, (06/08) Dr. KH. Muhtadi Abdul Mun’im, MA menyampaikan materi Metode Belajar di Perguruan Tinggi. Dihari tersebut hanya ada satu materi dan diteruskan kehari berikutnya, Minggu, (07/08) KH. Moh. Fikri Husain, MA menyampaikan materi Akhlak Qur’ani sebagai Landasan mengaarungi kehidupan dan materi  Penanaman Mental Mahasiswa dan Tanggung Jawab sebagai Calon Sarjana yang disampaikan oleh Ahmadi, M.Ag  kemudian disusul oleh Pengurus BEM dan UKM yang memperkenalkan Organisasi-Organisasi yang ada di Institut Dirosat Islamiyah Al-Amien Prenduan.